Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Empon-empon Corona di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Seperti Apa?

JAKARTA, KOMPAS.com  - Di Pasar Beringharjo Yogyakarta dijual empon-empon corona yang dipercaya dapat menangkal virus corona (Covid-19).

Dilansir dari Tribun Jogja, pengunjung berdondong-bondong hadir membeli empon-empon corona karena mendapat pesan dari media sosial sepeerti Facebook, Instagram, dan grup WhatsApp.

"Bisa meningkat (penjualan empon-empon) 3-4 kali lipat. Mungkin karena pengaruh berita-berita itu. Saya aja nggak tau, kok tiba-tiba datang sebanyak ini dan sudah sejak kemarin. Padahal stoknya nggak banyak," ungkap Rika, dikutip dari Tribun Jogja.

Ada juga pedagang empon-empon kering lainnya yaitu Purwoto. Ia mengaku meracik dan menata empon-empon corona dalam satu plastik karena banyaknya pesanan.

Hal tersebut bertujuan supaya menjualnya lebih praktis terutama saat banyak pesanan. Satu plastik ia jual seharga Rp 10.000.

"Biasanya kita plastiki sendiri-sendiri. Jahe sendiri, temulawak sendiri. Kita kemas jadi satu, kita jumputi sedikit-sedikit jadi satu. Lalu kita jual 10 ribu sudah komplet. Nggak usah beli per ons kan ribet, sudah satu paket," urai Purwoto dikutip dari Tribun Jogja.

Empon-empon corona sendiri merupakan kelompok tumbuhan yang terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, secang, dan kayu manis.

Racikan tersebut berbeda tipis dengan komposisi wedang uwuh. Purwoto mengatakan ada bahan wedang uwuh yang juga terdapat di empon-empon corona.

"Beda dengan wedang uwuh. Kalau wedang uwuh ada daun cengkeh, daun kayu manis, jahe basah, sama ada gula batu," terangnya.

Untuk mengonsumsi empon-empon, bisa langsung mencuci empon-empon kering lalu digeprek. Setelah itu taruh di dalam kendi dan dihangatkan di atas kompor. Setelah itu bisa langsung diminum.

Di samping itu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa faktor terkuat dalam menangkal virus corona adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Oleh karena itu masyarakat harus memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga imunitas tubuh.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Empon-empon Corona Pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta Laris Manis, https://jogja.tribunnews.com/2020/03/04/empon-empon-corona-pedagang-pasar-beringharjo-yogyakarta-laris-manis (Penulis: Amalia Nurul F | Editor: Iwan Al Khasni)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Permintaan Meningkat, Pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta Racik Empon-Empon Corona, https://jogja.tribunnews.com/2020/03/05/permintaan-meningkat-pedagang-pasar-beringharjo-yogyakarta-racik-empon-empon-corona (Penulis: Amalia Nurul F | Editor: Gaya Lufityanti)

https://travel.kompas.com/read/2020/03/06/211100927/ada-empon-empon-corona-di-pasar-beringharjo-yogyakarta-seperti-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke