Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Eric MasterChef Masak Kari Kambing khas Aceh, Aslinya Dimasak dengan Biji Ganja?

Makanan ini jadi salah satu ikon kuliner Aceh. Dalam MasterChef Indonesia episode tayang Sabtu (7/3/2020), salah satu peserta yaitu Eric mendapat tantangan membuat masakan khas Aceh.

Ia pun memilih memasak kari kambing. Hidangan ini mengantarnya memenangkan tantangan pertama tersebut.

Kuah sie kameng jadi makanan wajib dalam perayaan adat Aceh. Misalnya, khitanan, pesta perkawinan, akikah bayi, serta perayaan hari besar Islam. Kari kambing ini identik memiliki rasa yang kuat yang dihasilkan berbagai bumbu serta rempah.

Beberapa bahan utama untuk membuat kuah sie kameng ini adalah serai, daun temurui, pekak, adas, kayu manis, kapulaga, dan cengkih.

Selain itu ada juga santan, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, merica, jintan, kaska, dan daun kari yang wajib digunakan dalam sajian kari.

Semua bumbu dan rempah di atas lalu dihaluskan. Kemudian potong daging dan jeroan kambing. Lalu campurkan daging kambing dengan bumbu halus tadi.

Diamkan selama 30 menit, lalu sisihkan. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.

Lalu masukkan daging dan jeroan kambing yang sudah dilumuri bumbu tadi, tambahkan serai dan daun salam.

Tambahkan santan, lalu masak dengan api kecil sampai daging dan jeroan empuk. Kuah sie kameng pun siap dinikmati.

Biasanya, masyarakat Aceh menyantap kuah sie kameng dengan pendamping nasi atau roti canai.

Paling enak disantap saat masih panas, kuah kari yang kental, gurih, dan pedas akan memberikan sensasi berbeda untuk lidahmu.

Biji bakung

Uniknya, dahulu kare kameng khas Aceh dimasak dengan tambahan biji bakung atau ganja. Biji ganja kerap dipakai dalam masakan Aceh. 

Seperti dikutip dari artikel Harian Kompas bertajuk "Inilah Rahasia Kelezatan Kari Aceh" yang dimuat pada tahun 2013, biji ganja memberi rasa gurih dan mengempukkan daging.

”Saking populernya ganja di masa lalu, ada hikayat yang menulis soal itu. Biji bakung itu sempat jadi identitas orang Aceh,” kata Nurdin, peneliti hikayat sekaligus Kepala Museum Aceh, dalam wawancara yang dimuat dalam artikel tersebut. 

Sejarawan Aceh, Rusdi Sufi, menambahkan, ganja dulu dipakai orang Aceh sebagai bumbu makanan dan racikan obat.

”Waktu saya kecil, ketika tidak ada ikan atau daging untuk dimasak, cukup ambil nangka muda," cerita Rusdi. 

"Saya cincang, masak di kuali dengan bumbu kari, kasih sedikit biji bakung, sedap sudah. Itu tahun 1970-an. Sekarang tentu tidak lagi sebab ganja dilarang,” katanya diikuti tawa.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/07/192139327/eric-masterchef-masak-kari-kambing-khas-aceh-aslinya-dimasak-dengan-biji

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke