Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gencarkan Sport Tourism, Bangka Gelar Sungailiat Adventour Trail 2020

BANGKA, KOMPAS.com - Salah satu agenda pariwisata Kabupaten Bangka yang sedang berlangsung adalah Sungailiat Adventour Trail.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Asep Setiawan, menuturkan bahwa sport tourism akan semakin dikencangkan promosinya.

"Target kami adalah triathlon, motor trail, mobil, dan semua jenis kendaraan motor, sepeda, semakin digencarkan," kata Asep saat ditemui Kompas.com dalam pembukaan Sungailiat Adventour Trail, Sungailiat, Minggu (8/3/2020).

Asep mengatakan bahwa gencarnya promosi yang akan dilakukan karena sport tourism lebih diminati di Bangka.

"Lintasannya untuk pasir dan tanah, mereka tidak melekat di ban. Sehingga para peserta lebih tertantang. Untuk naik di perbukitan, batunya batu granit. Keberanian mereka sangat luar biasa," tutur Asep.

Asep mengatakan bahwa beberapa lintasan yang akan dilewati antara lain adalah Pantai Rebo, Pantai Tikus Emas, Pantai Rambak, dan Bukit Harmoni.

Bukit Harmoni sebenarnya merupakan perbukitan biasa. Namun, Asep mengatakan bahwa bukit tersebut memiliki beberapa tempat keagamaan seperti Taman Bintang Samudera, Puri Tri Agung, dan Pagoda Nusantara.

Wisata religi tersebut menurut Asep menciptakan sebuah keharmonisan tersendiri sehingga perbukitan tempat obyek wisata tersebut dikatakan sebagai Bukit Harmoni.

Peserta dari Malaysia turut meramaikan Sungailiat Adventour Trail

Enam orang peserta Sungailiat Adventour Trail asal Malaysia turut meramaikan acara sport tourism tersebut.

Salah satu anggota asal Pahang bernama Hafiz mengatakan bahwa dia bersama teman-temannya sangat antusias mengikuti ajang pariwisata tersebut.

"Virus corona tentu menjadi masalah. Namun namanya minat ya kita tetap datang. Sebelumnya kita tengok dulu apabila (keadaan corona di Indonesia). Kami tetap jalan karena kerajaan perbolehkan kita ke luar negara," tutur Hafiz saat ditemui Kompas.com.

Hafiz mengatakan bahwa mereka memiliki peraturan sendiri terkait tempat yang akan dikunjungi.

Jika tempat tersebut terdapat penderita virus corona, mereka tidak akan pergi.

Selanjutnya, Hafiz mengatakan bahwa mereka harus mengikuti beberapa prosedur pengecekkan kesehatan terlebih dahulu.

"Kami melalui medical check up saat di Kuala Lumpur, Jakarta, dan Bangka," kata Hafiz.

Sungailiat Adventour Trail diadakan pada Minggu, 8 Maret 2020. Selama ini, Sungailiat Adventour Trail hanya diadakan satu tahun sekali.

Kendati demikian, tahun 2020 rencananya akan diadakan dua kali. Acara puncak kemungkinan akan dilangsungkan di pertengahan 2020.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/08/124416327/gencarkan-sport-tourism-bangka-gelar-sungailiat-adventour-trail-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke