Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Timbungan, Teknik Masak Khas Bali yang Jadi Tantangan di MasterChef Indonesia

Pada tantangan kedua di ronde pertama, keduanya ditantang Chef Komang Adi Arsana untuk membuat hidangan makanan timbungan ulam segara.

"Timbungan ini lagi ngetren di Bali," kata Chef Komang.

Dia melanjutkan, timbungan merupakan cara memasak khas Bali, yang artinya dimasak dalam bambu. Sementara segare adalah seafood.

Timbungan juga bisa diartikan sebagai cara mengolah masakan dengan berbahan dasar daging, hewan jenis unggas, dan ikan yang dimasukkan dalam bambu dicampurkan dengan rempah-rempah pilihan.

Setelah diumumkan tantangan tersebut, Chef Juna menginformasikan masakan tersebut harus segera dihidangkan dalam waktu 60 menit. Ia juga memberikan sedikit tips membuat masakan timbungan ini.

"Tipsnya saat masak harus penuh bambunya, jika tidak, bambu akan pecah saat dikeluarkan," ujarnya.

Pada gelaran ini, timbungan dimasak dengan cara dikukus, namun aslinya cara memasaknya adalah dengan dibakar.

Chef Ida Bagus Udiana adalah orang di balik nikmatnya sepiring bebek timbungan di Restoran Bebek Timbungan-Balinese Heritage Cuisine.

Kata dia, bebek timbungan merupakan salah satu hidangan yang kian langka di Bali. Hal ini karena proses memasaknya yang rumit dan butuh waktu lama.

"Kenapa langka? Karena jarang ada yang mau masak, karena proses masaknya lebih dari 12 jam," kata Chef Ida, Rabu (7/11/2019).

Proses lama itu lantaran memakai bebek yang sudah tua dan dimasak menggunakan api kecil.

Oleh karena itu, tidak jarang proses lama membuat orang enggan menghabiskan waktunya hanya untuk memasak hidangan satu ini.

Bebek timbungan juga merupakan salah satu makanan Bali yang melegenda dan terkenal dihidangkan pada saat ritual-ritual upacara adat Bali.

Adapun penyematan nama timbungan dikutip dari naskah kuno Dharma Caruban, salah satu santapan Bali yang tradisional dalam upacara ritual.

Proses yang lama itu menghasilkan tekstur daging yang empuk dan bumbunya mudah meresap hingga ke dalam.

Untuk bumbu yang lebih nikmat dan terasa, disarankan memakai bumbu dan rempah pilihan seperti cabai, jahe, daging kelapa yang dicincang dan lainnya.

Proses tradisional timbungan rinciannya adalah dengan bilah bambu sebagai wadah dari bebek timbungan.

Pada tahapan marinate, bebek dan macam-macam bumbu serta rempah pilihan diungkep minimal selama empat jam.

Setelah proses itu, bebek dan bumbu di dalam akan dikukus selama kurang lebih delapan jam agar mendapatkan tekstur empuk daging.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/08/211000227/timbungan-teknik-masak-khas-bali-yang-jadi-tantangan-di-masterchef-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke