Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Italia Dikarantina karena Corona, Turis Indonesia Diimbau Tidak Datang ke Italia

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai hari ini (10/3/2020) Italia resmi memasuki hari pertama karantina seluruh negara demi melawan virus corona (Covid-19).

Terkait penutupan seluruh negara tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma memberi imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang akan dan sedang berada di Italia.

Berikut imbauan yang Kompas.com rangkum melalui laman resmi Instagram KBRI Roma, Selasa (10/3/2020):

1. Untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Italia hingga terdapat pemberitahuan berikutnya.

2. Bagi WNI di Italia untuk tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan, serta mengikuti ketentuan yang telah diputuskan Pemerintah Italia.

3. KBRI Roma untuk sementara menghentikan layanan kekonsuleran bagi warga negara asing (WNA) hingga terdapat pemberitahuan selanjutnya. Pelayanan Paspor dan SPLP bagi WNI dilakukan dengan perjanjian.

4. KBRI Roma terus melakukan pemantauan situasi dan kondisi di Italia paska pemberlakuan keputusan yang dimaksud. Dalam keadaan darurat, nomor Hotline Posko Penangan Covid-19 KBRI Roma adalah +393389234243.

Sebelumnya pada Senin (9/3/2020) lalu, Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, mengumumkan penutupan seluruh negara sebagai upaya pencegahan wabah virus corona (Covid-19).

Italia lockdown

Penutupan seluruh negara yang diberlakukan di Italia karena hingga saat ini setidaknya terdapat lebih dari 9 ribu kasus positif virus corona di Roma. Sementara itu, terdapat 463 warga meninggal, dan 724 warga yang berhasil sembuh.

“Kita mendapatkan laporan mengenai berkembangnya kasus baik dalam infeksi maupun kematian,” tutur Conte dilansir dari BBC.

Dalam upaya penutupan seluruh negara tersebut, pemerintah pusat melarang seluruh kegiatan publik yang memiliki kemungkinan untuk dihadiri masyarakat berskala besar.

Kegiatan tersebut termasuk kompetisi olahraga Serie A yang merupakan liga elite sepak bola di Eropa. Masyarakat juga hanya diizinkan hanya bepergian untuk kerja atau urusan keluarga yang mendesak.

Pengumuman penutupan seluruh negara tersebut direspon oleh KBRI Roma Senin (9/3/2020) melalui imbauan dalam laman resmi Instagramnya.

WNI juga diimbau agar terus ikuti perkembangan informasi dan patuhi imbauan dan ketentuan Pemerintah Pusat Italia dan Pemerintah Daerah.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/10/165920527/italia-dikarantina-karena-corona-turis-indonesia-diimbau-tidak-datang-ke

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke