Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniknya Asal-usul Nama Mi Biangbiang yang Dimasak Eric MasterChef Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com  - Hidangan buatan Eric pada ronde kedua grand final MasterChef Indonesia berhasil membawanya meraih kemenangan di ajang memasak ini.

Malam puncak pertarungan finalis MasterChef Indonesia Season 6 pada Minggu, (8/3/2020) mempertemukan Eric dan Firhan.

Keduanya ditantang untuk menyuguhkan signature dish dari mereka untuk dinilai oleh para juri. Eric dengan segenap kemampuannya memilih menghidangan chinese food.

Salah satu hidangan andalannya di grand final adalah biangbiang. Mi gandum khas China yang memiliki tekstur padat dan berbentuk lebar.

Mi ini juga dikenal sebagai mi 'sabuk' karena bentuknya yang lebar bak ikat pinggang. Hidangan ini berasal dari Kota Xi'an, di Provinsi Shaanxi, China.

Semangkuk mi biangbiang biasanya dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, ketumbar, merica Sichuan, jintan, dan cabai.

Tak ketinggalan juga memakai sayuran hijau seperti bok choy yang dikukus. Selain rasa dari mi biangbiang, asal-usul mi ini juga menarik untuk dibahas.

Dalam buku tersebut diceritakan bahwa sering terdengar suara 'biang' saat proses membuat mi di restoran kecil di Xi'an yang menghidangkan mi biangbiang.

"Biang, biang, biang,"  suara tersebut berasal dari adonan yang diregangkan, dipukul, dibanting dengan kelas membentur meja kayu.

Cara tersebut diulang-ulang sehingga membentuk tekstur dan adonan yang diinginkan. Setelah adonan tekstur mi kenyal maka akan dipotong besar-besar dan direbus.

Dikatakan bahwa dulunya mi biangbiang merupakan mi murah yang diperuntukan para pekerja di desa atau kampung. Suatu hari Qin Shi Huang, kaisar pertama dinasti Qin, jatuh sakit.

Lalu salah satu pelayannya memberinya semangkuk mi murah dari jalan yang mampu menyembuhkannya. Kaisar begitu terpesona oleh rasa mi dan bagaimana mi itu dibuat.

Sang kaisar pun mengeluarkan proklamasi panjang mengenai betapa indahnya Qin, rakyatnya dan tak lupa mi biangbiang ini. Kemudian mengambil kuas dan tinta dan menciptakan karakter 'biang'.

Dalam satu karakter hanzi  itu terdiri dari semua kata-kata sang kaisar. Alhasil, dalam satu hanzi  terdiri dari 57 goresan.

Hanzi 'biang" dinilai terlalu rumit, hanzi ini dinobatkan sebagai salah satu hanzi yang terumit dalam kanji China. Bahkan, sampai hari ini tidak diterima oleh kebanyakan kamus China.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/10/173300627/uniknya-asal-usul-nama-mi-biangbiang-yang-dimasak-eric-masterchef-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke