Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Liburan Hemat ke Yogyakarta, Budget Rp 2 Juta Sudah Termasuk Tiket Pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Jika kamu ingin ke Yogyakarta namun belum berencana dalam waktu dekat, ada baiknya memilih pergi berlibur pada bulan Maret ini.

Pasalnya, melansir Skyscanner harga tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta hanya berkisar mulai Rp 700 ribuan pulang pergi. Harga tersebut akan menekan biaya liburanmu menjadi lebih hemat.

Selain harga tiket pesawat yang murah, kamu masih bisa mendapat banyak hal murah lainnya di Yogyakarta. Mulai dari penginapan, makanan, sampai tempat wisata.

Dihimpun Kompas.com, kamu bisa menyiapkan budget sekitar Rp 2 juta selama beberapa hari di Yogyakarta. Harga tersebut sudah termasuk tiket pesawat pulang pergi.

Berikut Kompas.com rangkum tips bagi kamu yang ingin traveling murah di Yogyakarta:

1. Penginapan murah di Yogyakarta

Hal pertama yang perlu kamu pikirkan selain tiket transportasi ke Yogyakarta adalah mencari penginapan.

Kamu perlu menyiapkan hal ini jauh sebelum liburan agar mendapat harga promo atau paket yang sedang ditawarkan.

Catatan Kompas.com, kamu bisa memilih penginapan seperti hostel atau homestay di Yogyakarta yang memiliki harga menginap kurang dari Rp 100.000.

Adapun pilihannya yaitu Bhumi Hostel, ViaVia Guesthouse, Ostic Hotel, Omah Heritage, dan Happy Buddha Yogyakarta.

Harga masing-masing penginapan tersebut di antaranya Bhumi Hostel berada di kisaran Rp 50.000 hingga Rp 85.000.

Penginapan ini ada di Jalan Raden Ronggo Nomor 14, Lapangan Karang, Yogyakarta.

Ketiga Ostic Hotel ada di Jalan Suryodiningratan Nomor 10 B dengan harga mulai dari Rp 65.000.

Keempat, Omah Heritage di Jalan Jayaningpranan Nomor 10 dengan harga menginap di kisaran Rp 66.000.

Terakhir ada Happy Buddha di Jalan Prawirotaman 1 MG III/537 C dengan harga mulai dari Rp 45.000.

2. Makan hemat di Yogyakarta

Yogyakarta juga terkenal akan dunia kuliner khasnya. Jika pergi ke Yogyakarta, kamu jangan sampai melewatkan makanan khasnya selain gudeg yaitu angkringan.

Beragam menu makanan di angkringan dijual dengan harga yang cukup murah mulai dari Sego Kucing atau Nasi Kucing Rp 1.500-Rp 3.000 per porsinya.

Kemudian, beragam pilihan lauk seperti sate usus Rp 1.500, gorengan Rp 500, sate ayam Rp 2.000, sate telur Rp 2.000, dan tentunya minuman es teh Rp 2.000.

Jika ditotal, kamu tidak akan menghabiskan banyak biaya makan di angkringan. Kamu hanya perlu membawa budget sekitar Rp 15.000-20.000 dan sudah mengenyangkan perut.

Tak terhitung berapa banyak jumlah bakul angkringan di Yogyakarta. Kamu bisa menemuinya di setiap sudut Yogyakarta.

Selain angkringan, kamu juga bisa mengunjungi restoran dengan harga murah di antaranya Moelih Ndeso di Jalan Beringin 1 Denokan, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Harga makanannya mulai dari Rp 11.000.

Kemudian ada juga Geblek Pari Nanggulan di Dusun Pronosutan, Pundak II, Nanggulan, Kulon Progo. Harga makanannya mulai dari Rp 3.000-20.000.

Jangan lupa juga untuk mampir ke Mie Ayam Bu Tumini di Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Giwangan, Kota Yogyakarta. Satu porsi mi ayam di sana dihargai mulai dari Rp 10.000.

3. Tempat wisata hemat, ke mana saja?

Jika kamu menginginkan wisata hemat di Yogyakarta, bisa memilih tempat-tempat seperti museum dan pusat kebudayaan.

Kamu bisa berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Alun-alun Kidul, dan Museum Sonobudoyo.

Tiket masuk Keraton Yogyakarta Rp 5.000-an untuk wisatawan Nusantara dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara. Kamu bisa datang setiap hari kecuali Senin, pukul 08.30-15.00.

Selain menyaksikan koleksi benda-benda milik keluarga Kraton, wisatawan juga bisa melihat aneka pertunjukkan seperti macapat, gamelan, wayang orang, wayang golek, wayang kulit, dan lainnya.

Untuk Taman Sari dikenakan biaya tiket masuk wisnus Rp 5.000 dan wisman Rp 12.000, sedangkan untuk Alun-alun Kidul tidak dikenakan biaya alias gratis.

Selain berkunjung ke museum dan tempat budaya, kamu bisa juga pergi untuk bersantai di pantai Yogyakarta.

Adapun pantai yang bisa kamu kunjungi dan menarik dilihat adalah Pantai Parangtritis, Indrayanti, Wediombo, Siung, Pok Tunggal, dan pantai di daerah Wonosari Gunungkidul lainnya.

Harga tiket masuk pantai pun terbilang murah, mulai dari Rp 5.000. Kamu juga akan dikenakan biaya tiket parkir sekitar Rp 5.000.

4. Berapa total biaya?

Jika kamu pergi ke Yogyakarta dengan menyiapkan uang Rp 2 juta, sudah lebih dari cukup. Kamu bisa alokasikan uang itu untuk tiket pesawat pulang pergi Rp 700 ribuan jika pergi bulan Maret ini.

Uang kamu kini tersisa Rp 1,3 juta. Sisanya, kamu bisa menggunakan untuk memesan penginapan dengan harga murah di atas.

Jika kamu berada di Yogyakarta selama empat hari dan menginap di Bhumi Hostel Rp 50.000, hanya perlu membayar total Rp 200.000.

Sisa uang pun tinggal Rp 1,1 juta, kamu bisa menggunakannya untuk makan sepuasnya tentu di tempat makan hemat tersebut. Selain itu juga bisa pergi ke destinasi wisata hemat.

Jika ditotal kamu akan menghabiskan biaya makan dan berkunjung tempat wisata sekitar Rp 600.000 selama empat hari.

Kamu juga tak boleh melupakan biaya sewa motor atau mobil di Yogyakarta.

Harga sewa motor atau mobil di sana berada di kisaran Rp 50.000 hingga Rp 75.000 per hari belum termasuk bensin, sedangkan mobil mulai dari Rp 350.000 per hari.

Kini, uangmu masih tersisa Rp 200.000, kamu bisa gunakan uang tersebut untuk membeli oleh-oleh murah di Pasar Beringharjo Jalan Malioboro, dan bakpia di Jalan Bhayangkara Ngampilan.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/10/203300927/tips-liburan-hemat-ke-yogyakarta-budget-rp-2-juta-sudah-termasuk-tiket

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke