Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gara-gara Corona, Kunjungan Turis Asing di Taman Wisata Candi Menurun

Tak terkecuali Taman Wisata Candi yang mengalami penurunan dalam jumlah kunjungan wisatawan. 

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari, penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 20-30 persen.

“Penurunan pasti ada. Kalau wisman mencapai 20-30 persen. Kalau wisatawan nusantara masih menggeliat ya jumlahnya,” ujar Emilia pada Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) disebutkan Emilia masih cukup stabil dan berada di atas jumlah kunjungan wisman.

Beberapa negara asal wisman yang mengalami penurunan jumlah kunjungan paling banyak yakni China, Korea, Jepang, dan Singapura.

China khususnya sudah tidak ada sama sekali. Sebab sejak awal Februari lalu akses wisatawan China ke Indonesia sudah ditutup.

“Negara-negara tersebut drop sama sekali, sangat signifikan drop-nya. Wisman yang masih berkunjung itu dari Eropa ya,” tutur Emilia.

Emilia meyakinkan bahwa Taman Wisata Candi masih tetap aman untuk dikunjungi. Pasalnya, pihaknya telah melakukan berbagai aksi preventif untuk mencegah penyebaran virus.

Salah satunya adalah pengadaan thermal scanner  di pintu masuk untuk memantau suhu tubuh pengunjung.

Taman Wisata Candi juga bersiap dengan ruang isolasi dan transportasi menuju rumah sakit rujukan jika diperlukan.

“Kami juga ada sosialisasi dengan pengunjung dan warga sekitar. Tindakan preventif ini untuk memberi edukasi soal virus corona sedini mungkin,” jelas Emilia.

Di samping itu Emilia menyebutkan sosilisasi berguna untuk memberikan rasa nyaman pada pengunjung dan lingkungan sekitar.

Saat ini Taman Wisata Candi juga berfokus untuk menarik wisnus ketimbang wisman.

"Pemerintah sudah membuat insentif pesawat, libur nasional diubah dan cuti bersama diperpanjang. Ada juga nanti atraksi menarik untuk wisnus dengan harga yang juga menarik,” lanjutnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/11/130100027/gara-gara-corona-kunjungan-turis-asing-di-taman-wisata-candi-menurun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke