Salin Artikel

Wisata ke Candi Borobudur, Yuk Mampir ke Desa Sekitar yang Kian Atraktif

Ada juga Balkondes atau Balai Ekonomi Desa di sekitar Candi Borobudur yang menyediakan aktivitas menarik serta penginapan untuk wisatawan.

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari, ada sekitar 20 Balkondes di sekitar Candi Borobudur saat ini. 

“Ada 20 desa yang sudah bagus. Suguhannya sudah menarik, ada paket wisata juga,” ujar Emilia pada Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Berbagai aktivitas bisa dilakukan wisatawan di Balkondes. Ada berbagai paket wisata terkait pembuatan produk seperti cokelat dan kopi, membatik, membuat keripik, tahu, dan masih banyak lagi. 

“Nantinya juga kami ada rencana untuk wisata malam di Borobudur,” tutur Emilia.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Taman Wisata Candi dengan Balkondes sekitar Candi Borobudur. 

“Sehingga itu bisa menambah masa tinggal wisatawan. Bisa menambah pendapatan juga buat masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Selain itu wisatawan tak perlu bingung untuk memilih penginapan di sekitar Candi Borobudur.  

“Di wilayah Balkondes ada sekitar 200-300 homestay. Di luar Balkondes juga banyak,” ucap Emilia.

Ia memberi contoh saat boyband kenamaan Westlife konser di plataran Candi Borobudur, seisi Balkondes dan homestay masyarakat yang dikelola mandiri penuh wisatawan.

Balkondes di sekitar Candi Borobudur ini mulai dikembangkan sejak tahun 2017 lalu.

Balkondes ini merupakan proyek kerjasama desa dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pengembangan tiga destinasi wisata Indonesia yakni Danau Toba, Borobudur, dan Mandalika.

Beberapa Balkondes yang bisa kamu kunjungi kala berwisata di sekitar Candi Borobudur di antaranya adalah Balkondes Majaksingi, Giritengah, Tanjusati, Wanurejo, Kenalan, Karanganyar, Kebonsari, Bigaran, dan masih banyak lagi.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Balkondes Majaksingi misalnya, ada paket wisata berkeliling desa dengan mobil jeep bernama Jeep Adventure Parang Menoreh.

Sementara untuk Balkondes Giritengah, pengunjung bisa menikmati paket tracking rail adventure, jeep adventure, vw tour, belajar gamelan, dan menikmati berbagai kuliner lokal.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/12/160800427/wisata-ke-candi-borobudur-yuk-mampir-ke-desa-sekitar-yang-kian-atraktif

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.