Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Takut ke Hotel dan Restoran, Ada SOP Antisipasi Virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya bandara dan pelabuhan, industri perhotelan dan restoran di Indonesia juga memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegahan virus corona (Covid-19).

"Panduan pencegahan virus corona ini untuk menjaga dan antisipasi para tamu yang datang, juga karyawan," kata Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani dalam acara konferensi pers Membangkitkan Kembali Pariwisata di Tengah Badai Corona, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Hariyadi menyebutkan SOP perncegahan virus corona sudah disebar ke seluruh anggota PHRI.

SOP tersebut meliputi adanya pengadaan thermal scanner untuk mengecek suhu badan dan hand sanitizer.  

Apabila tamu hotel atau restoran memiliki suhu tubuh di atas standar pemerintah dan pucat, hotel serta restoran akan merujuk tamu untuk ke klinik terdekat. 

Sementara itu, Wakil Ketua PHRI Maulana Yusran menambahkan bahwa dalam SOP tersebut para karyawan juga diwajibkan untuk mengenakan masker saat bertugas.

"Di protokol itu, karyawan kalau sakit ya jangan masuk. Mereka kan melayani tamu. Suhu badannya juga akan diukur," kata Maulana saat dihubungi Kompas.com Rabu (4/3/2020) lalu.

Dari pengalaman Kompas.com, beberapa hotel bintang lima di kawasan Jakarta kini sudah memberlakukan tes suhu tubuh tamu dengan thermal gun. Hand sanitizer  juga ditaruh di lokasi strategis. 

https://travel.kompas.com/read/2020/03/12/194239727/jangan-takut-ke-hotel-dan-restoran-ada-sop-antisipasi-virus-corona

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke