Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Status Pandemi Virus Corona, Pemerintah Indonesia Tinjau Ulang Bebas Visa?

Lalu bagaimana Indonesia merespon peninjauan kembali kebijakan bebas visa di sejumlah negara karena imbas wabah virus corona?

"Kami sedang menunggu kebijakan dari Kementerian Luar Negeri seperti apa untuk kita," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, Kamis (12/3/2020).

"Tetapi artinya untuk sekarang, dalam tanda petik, dunia tidak memberikan kemudahan untuk pergerakan orang dari satu negara ke negara lainnya," lanjutnya.

Menurut Yuri, peninjauan kembali kebijakan bebas visa untuk mencapai satu tujuan, mengurangi penyebaran Covid-19.

Dasar peninjauan kembali

Yuri mengungkapkan, statement WHO terkait status pandemi virus corona merupakan isyarat kepada seluruh dunia bahwa penyakit ini bisa menyerang siapapun dan di negara manapun di dunia.

"Hal ini ditandai dengan, pertama, ini adalah penyakit baru yang kita belum tahu betul karakternya," kata Yuri.

Kedua, lanjutnya, virus corona menjangkit banyak negara dalam waktu bersamaan dan memiliki jejak epideomologi. Oleh karena itu, tidak ada negara yang terinfeksi tanpa ada penyebab dan kaitannya dengan negara lain.

"Pasti terkait semua, dan Ini sudah lebih dari 114 negara. Kemudian juga menimbulkan kematian cukup banyak," katanya.

"Artinya, tidak ada satu negara manapun di muka bumi ini yang tidak mengantisipasinya. semua harus mengantisipanya. Semua harus memberikan respon," lanjutnya.

Adapun salah satu respon yang diberikan salah satunya peninjauan kembali bebas visa hingga menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/14/085329327/status-pandemi-virus-corona-pemerintah-indonesia-tinjau-ulang-bebas-visa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke