Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wishnutama Imbau Masyarakat Terapkan Social Distancing dan Tidak Bepergian

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian jika tidak diperlukan, kecuali untuk keperluan mendesak, melakukan social distancing, menerapkan higienitas, dan gaya hidup sehat," kata Wishnutama seperti dikutip siaran pers Kemenparekraf, Selasa (17/3/2020).

Wishnutama melanjutkan, langkah-langkah Kemenparekraf lainnya adalah membatasi kegiatan-kegiatan seperti promosi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, mengimbau para pelaku usaha parekraf untuk tidak menyelenggarakan pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE) hingga wabah virus berakhir.

Wishnutama turut mengapresiasi langkah cepat yang telah diambil sejumlah pemerintah daerah dan industri yang memutuskan untuk menunda kegiatan.

Selain itu, ia mengatakan jika masih ada tempat wisata yang beroperasi, maka perlu memerhatikan secara baik waktu operasional, jumlah kunjungan.

Lalu perlu ada pengetatan pintu masuk berupa pengecekan kesehatan pengunjung hingga memastikan keamanan, kenyamanan, dan higienitas.

Selain itu, perlu menjaga sanitasi dengan menyediakan akses ke sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun antiseptik, menyediakan tisu atau masker, dan melakukan disinfeksi terhadap fasilitas yang ada.

"Industri harus bisa memantau kesehatan lingkungan dan karyawan dengan baik, serta selalu memantau perkembangan terkini dan berkoordinasi dengan pihak/lembaga terkait," katanya.

Perencanaan ini dibuat agar nanti dapat diimplementasikan guna mendukung kegiatan parekraf yang lebih optimal untuk masyarakat dan perekonomian nasional.

Adapun pemerintah telah menyiapkan berbagai kebijakan dalam stimulus ekonomi kedua untuk menangani dampak corona, baik stimulus fiskal dan non fiskal, serta stimulus sektor keuangan dalam rangka penanganan industri pariwisata.

Salah satu stimulus di sektor keuangan di mana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan beberapa kebijakan countercyclical melalui peraturan OJK (POJK).

Adapun kebijakan tersebut itu yakni bank dapat menerapkan kebijakan yang mendukung stimulus pertumbuhan ekonomi untuk debitur yang terkena dampak penyebaran corona, termasuk dalam hal ini debitur UMKM.

"Dengan kesadaran dan upaya bersama kita akan bisa menghadapi virus Corona. Semua bisa, dan harus mengambil peran masing-masing," pungkas Wishnutama.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/17/124746527/wishnutama-imbau-masyarakat-terapkan-social-distancing-dan-tidak-bepergian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke