Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Refund Tiket Pesawat Malaysia Airlines

Adapun kebijakan yang dimaksud, seperti penundaaan, refund dan voucer dari pihak Malaysia Airlines.

"Apabila Anda telah memesan penerbangan menggunakan Malaysia Airlines, Anda berhak untuk menunda perjalanan, memohon pengembalian uang penuh, atau mendapatkan voucher perjalanan dari kami,” seperti tertera dalam pernyataan di laman resmi Malaysia Airlines, Selasa (17/3/2020).

Lantas, bagaimana cara melakukan refund tiket penerbangan Malaysia Airlines? Berikut panduannya yang telah Kompas.com rangkum:

Siapkan tiket yang sudah dipegang

Ada baiknya kamu siapkan tiket sebelum melakukan proses refund di laman resmi Malaysia Airlines yang menyediakan formulir permohonan refund.

Sebab, kamu harus memasukkan PNR/Booking Reference dan E-Ticket Number yang tertera dalam tiket. Jika terdapat lebih dari dua orang dalam proses pemesanan tiket, kamu bisa klik "Add More".

Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk mengisi data diri seperti mengisi kolom Name dan kolom Email.

Kemudian, terdapat beberapa pilihan yang harus kamu pilih sesuai dengan keadaanmu.

Beberapa pilihan tersebut adalah:

1. Kamu pernah bepergian ke atau dari Daratan China atau Hong Kong, atau pernah berada di penerbangan langsung antara Kota Kinabalu dan Shanghai menggunakan pesawat MH 394 atau MH 395.

2. Kamu memesan tiket Malaysia Airlines dan memiliki paspor Republik Rakyat Tiongkok yang dikeluarkan dari Provinsi Hubei, Jiangsu, atau Zhejiang. Atau tempat kelahiranmu berada di Provinsi Hubei, Jiangsu, atau Zhejiang.

Jika kamu memilih pilihan nomor dua, kamu harus unggah halaman terdepan paspormu.

3. Kamu pernah bepergian menggunakan Malaysia Airlines ke Bangladesh, India, Sri Lanka, atau Thailand, dan memegang paspor Republik Rakyat Tiongkok.

Jika kamu memilih pilihan nomor tiga, kamu harus unggah halaman terdepan paspormu.

4. Kamu pernah bepergian ke Daratan China dalam waktu 14 hari sebelum keberangkatan ke Australia, Brunei Darussalam, Indonesia, Jepang, Korea, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Vietnam, atau Hong Kong.

Jika kamu memilih pilihan nomor empat, kamu harus unggah halaman cap (stempel).

5. Kamu memesan dan telah mengonfirmasi reservasi Malaysia Airlines untuk keberangkatan menuju, ke, atau melalui Korea Selatan (Seoul) atau Jepang (Tokyo dan Osaka).

Jika kamu memilih pilihan nomor lima, kamu harus unggah salinan tiketmu.

6. Kamu memesan dan telah mengonfirmasi reservasi menuju atau dari destinasi Malaysia Airlines manapun dengan koneksi di MH 156 (Kuala Lumpur – Jeddah), MH 157 (Jeddah – Kuala Lumpur), MH 158 (Kuala Lumpur – Madinah), atau MH 159 (Madinah – Kuala Lumpur).

Jika kamu memilih pilihan nomor enam, kamu harus unggah salinan tiketmu.

7. Kamu memesan dan telah mengonfirmasi reservasi Malaysia Airlines dari dan ke Korea Selatan (Seoul) antara 13–31 Maret 2020.

8. Kamu memesan dan telah mengonfirmasi reservasi Malaysia Airlines ke India antara 13 Maret–15 April 2020.

9. Kamu memesan dan telah mengonfirmasi reservasi Malaysia Airlines dari dan ke Beijing (PKX) antara 14 Maret – 20 April 2020.

10. Kamu ingin membatalkan pesanan yang sudah dikonfirmasi dan membiarkan tiket berstatus “Open-dated” dalam masa berlaku tiket atau tarif yang diizinkan berdasarkan kebijakan Ultimate Flexibility.

Data penunjang seputar rencana perjalanan

Selanjutnya, kamu akan melihat kolom bertuliskan “I would liket o (1-4) yang memiliki drop down menu berisikan empat pilihan yakni:

Jika sudah memilih salah satu pilihan tersebut, kamu bisa menuju kolom selanjutnya untuk mengisi rincian rencana perjalananmu agar customer service Malaysia Airlines bisa mempercepat permintaanmu.

Terakhir, jika kamu memilih pilihan yang memerlukan dokumen tambahan di pilihan seusai kolom Email, kamu bisa langsung unggah dokumen tersebut sebelum klik “Submit”.

Kebijakan tersebut efektif mulai Jumat (13/3/2020) lalu. Seluruh penumpang maskapai tersebut bisa menikmati beberapa keuntungan sebagai berikut:

Kendati demikian, pemesanan ulang tiket harus dilakukan melalui kantor tiket Malaysia Airlines atau melalui Global Contact Centre di nomor 1-300-88-3000 jika kamu berada di Malaysia.

Sementara untuk mereka yang berada di luar Malaysia bisa menghubungi nomor +603 7843 3000. Kamu bisa juga menghubungi beberapa agen resmi Malaysia Airlines.

Apabila kamu mengalami masalah saat menghubungi nomor tersebut, misal waktu tunggu yang lama, kamu bisa rubah pesanan tiket melalui beberapa pilihan yakni:

  1. Jika kamu melakukan pesanan melalui malaysiaairlines.com, kamu bisa mengambilnya melalui “Manage Booking” di bawah “My Trip” yang ada dalam situs atau aplikasi resmi maskapai untuk merubah rencana perjalanan.
  2. Jika kamu melakukan pesanan melalui agen perjalanan, kamu bisa langsung hubungi agen perjalananmu.
  3. Melalui formulir yang ada di laman mereka.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/18/101500127/simak-cara-refund-tiket-pesawat-malaysia-airlines

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke