Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Malaysia Lockdown, Turis Asing Tidak Bisa Masuk

Ada beberapa kebijakan yang diatur sebagai langkah melawan virus corona, salah satunya melarang Warga Negara Malaysia meninggalkan negara dan membatasi semua wisatawan dan atau turis asing masuk ke Malaysia.

"Warga Malaysia yang telah kembali dari luar negeri harus menjalani pemeriksaan kesehatan dan menjalani karantina selama 14 hari," kata Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, seperti dikutip dari The Star, Senin (16/3/2020).

Tidak hanya itu, Muhyiddin juga menutup kegiatan-kegiatan di tempat umum seperti tempat ibadah, bisnis, olahraga, sosial dan budaya.

Namun, tempat-tempat yang menjual kebutuhan dasar tetap akan buka seperti supermarket, pasar, dan toko kelontong.

Adapun tempat-tempat ibadah seperti Masjid dan Surau sudah ditutup sejak Minggu (15/3/2020). Ia mengatakan, hal tersebut termasuk ibadah sholat jumat.

Selain itu, sekolah negeri dan swasta, sekolah internasional, pusat tahfiz, hingga universitas juga ditutup.

Muhyiddin menambahkan, bangunan pemerintah dan swasta akan tutup tutup, kecuali bagi yang menyediakan layanan penting.


 Lockdown Menekan Penerbangan Malaysia

Selain AirAsia, ada juga Malaysia Airlines, Malindo Air, AirAsia X dan Firefly yang terkena dampaknya.

Hal ini mengingat AirAsia berfokus pada rute jarak pendek regional, maka dengan adanya lockdown dan larangan orang asing masuk akan menjadi tantangan sendiri.

Kompensasi termasuk adalah yang diakibatkan oleh pembatalan penerbangan, maupun sukarela ke destinasi tertentu karena situasi wabah corona.

Kompensasi pengubahan jadwal berlaku bagi penumpang yang memiliki tiket penerbangan internasional ke atau dari Malaysia, Singapura, dan Australia, serta negara lainnya.

Sementara itu, Malaysia Airlines juga menerapkan kebijakan akibat wabah corona untuk penundaan, refund, dan voucer penumpang.

"Apabila Anda telah memesan penerbangan menggunakan Malaysia Airlines, Anda berhak untuk menunda perjalanan, memohon pengembalian uang penuh, atau mendapatkan voucher perjalanan dari kami," seperti tertera dalam pernyataan di laman resmi Malaysia Airlines, Selasa (17/3/2020).

Malaysia Airlines mengimbau bagi penumpang yang ingin melakukan refund di laman resmi untuk menyiapkan tiket.

Sebab, penumpang harus memasukkan PNR/Booking Reference dan E-Ticket Number yang tertera pada tiket.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/18/114500427/malaysia-lockdown-turis-asing-tidak-bisa-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke