Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto Penerapan Social Distancing di Stasiun KA Daop 1 Jakarta

Khusus di Daop 1, penerapan ini dilakukan di stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, dan Jakarta Kota.

Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan ketiga stasiun tersebut telah dibuat pengaturan garis batas jarak aman antrean seperti pada saat antre cetak tiket, loket pmbatalan atau pembelian tiket go show, serta boarding pass.

"PT KAI menerapkan social distancing di area stasiun karena hal ini sesuai dengan arahan Pemerintah," kata Eva dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Sampai saat ini Eva menyebutkan PT KAI masih melayani masyarakat dengan normal, tanpa ada pembatasan dan pembatalan jadwal operasional. 

"Namun kami tetap mengaplikasikan social distancing dalam pelayanan," jelas Eva.

Adapun jarak antrean antara calon penumpang satu dengan lainnya adalah sekitar 100 sentimeter atau satu meter.

Tak hanya itu, untuk fasilitas lift yang terdapat di Stasiun Gambir juga sudah dibatasi hanya untuk empat orang, dengan batas jarak aman berdiri antar pengguna.

Tak terkecuali fasilitas tempat duduk di area tunggu stasiun juga diberikan jarak aman.

"Segala upaya pencegahan virus corona di lingkungan KAI akan terus kami lakukan," lanjut Eva.

Sebelumnya, sejak awal Februari sejumlah upaya pencegahan virus telah dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta.

Pencegahan penyebaran virus corona dilakukan dengan menyediakan hand-sanitizer di area stasiun dan rangkaian KA, mensosialisasikan enam langkah mencuci tangan yang benar, dan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang.

Apabila suhu badan penumpang 38 derajat celsius ke atas, maka akan dilarang untuk melakukan perjalanan KA, dan biaya pemesanan tiket akan dikembalikan secara penuh serta tunai.

Selain itu, bagi penumpang suspect corona yang membawa pendamping, maka tiket juga dapat dikembalikan penuh.

Adapun peraturannya untuk maksimal empat orang dalam satu kode booking.

Apabila terdapat perbedaan kode booking, maka biaya tiket yang dikembalikan maksimal hanya untuk dua orang sebagai pendamping.

Eva melanjutkan, KAI juga konsisten menjaga kebersihan sarana kereta sebagai langkah pencegahan, dilakukan penyemprotan disinfektan pada sarana KA interior maupun eksterior.

Ia juga mengimbau kepada calon penumpang yang dalam kondisi sehat saat melakukan perjalanan KA, dapat memperhatikan setiap tanda garis pembatas pada area pelayanan yang telah diterapkan PT KAI di stasiun.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/19/130656027/foto-penerapan-social-distancing-di-stasiun-ka-daop-1-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke