Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turis Asing Dilarang Masuk Selandia Baru

Dilansir dari Reuters, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan dalam konferensi pers bahwa warga Selandia Baru dan permanent resident yang masih di luar negeri, diizinkan untuk pulang.

"Kami tidak akan mentolerir risiko di perbatasan," kata Jacinda seperti dikutip Reuters, Kamis (19/3/2020).

Perbatasan tetap buka untuk pengiriman barang dan kargo. Jacinta juga mengimbau warga agar tidak panic buying.

Hingga kini, Selandia Baru telah mencatatkan 28 kasus virus corona di negaranya dan belum ada laporan kasus yang sembuh maupun meninggal.

Adapun keputusan menutup perbatasan dari turis asing, muncul tak lama setelah pemerintah Australia mengumumkan larangan masuknya pendatang ke negeri Kanguru itu.

Air New Zealand

Maskapai penerbangan asal Selandia Baru yaitu Air New Zealand merespon penyebaran virus corona di negaranya dengan menangguhkan beberapa perjalanan internasional maupun domestik.

Berdasarkan laman resmi Air New Zealand, rute yang ditangguhkan di antaranya rute seperti Asia (Denpasar, Taipei, Narita, dan Seoul) hingga 30 Juni 2020. Sementara untuk rute Shanghai akan ditangguhkan hingga 1 Mei 2020.

Rute penerbangan Air New Zealand dari Australia, Buenos Aires, dan Kepulauan Pasifik juga mengalami penangguhan karena penyebaran virus corona di Selandia Baru.

Selain itu, Air New Zealand dalam laman resminya juga menawarkan agar pelanggan menahan tarif dalam kredit untuk pemesanan penerbangan internasional atau domestik mulai periode 20 Maret 2020 hingga 14 April 2020.

Sekadar informasi, bahwa kredit akan menjadi biaya penuh dari pembatalan tiket dan berlaku selama 12 bulan sejak tanggal penerbitan.

Selama beberapa minggu mendatang, pihak Air New Zealand juga akan memberikan detail lengkap tentang cara menebus kredit tersebut.

Pelanggan dapat menebus kredit penerbangan yang dipilih, namun tetap harus membayar selisih tarif apa pun.

Singapore Airlines

Maskapai penerbangan asal Singapura yang juga melayani rute penerbangan dari dan ke Selandia Baru mengeluarkan kebijakan pembebasan biaya penjadwalan ulang tiket pesawat akibat pandemi corona.

Berdasarkan rilis resmi dari Singapore Airlines yang diterima Kompas.com, Singapore Airlines akan membebaskan biaya untuk rebooking fees atau biaya penjadwalan ulang tiket yang diterbitkan pada atau sebelum 15 Maret 2020 untuk periode perjalanan hingga 31 Maret 2020.

Kebijakan ini akan berlaku satu kali saja. Pelanggan dapat membatalkan rencana perjalanan penerbangan yang mereka punya saat ini, atau mempertahankan tiket mereka dan memesan ulang perjalanan di kemudian hari.

Adapun jadwal penerbangan baru tersebut harus dilengkapi paling lambat pada tanggal 31 Maret 2021.

Kebijakan pembebasan biaya perubahan jadwal tiket akan berlaku untuk semua tiket Singapore Airlines dan SilkAir baru yang dikeluarkan dari saat ini hingga 31 Maret 2020.

Singapore Airlines akan terus meninjau kebijakan pembebasan dan mempertahankan fleksibilitas untuk memperpanjang batas waktu perjalanan hingga 31 Mei 2020.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/20/213200427/turis-asing-dilarang-masuk-selandia-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke