Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Camilan untuk Pendamping Minum Kopi Favoritmu (1)

KOMPAS.com – Kopi dapat dinikmati bersama dengan beragam makanan, baik menu sarapan maupun hidangan penutup.

Tak jarang pula kafe menyediakan camilan yang bisa kamu pilih, misalnya saja kukis maupun kue pastry.

Jika kamu senang menikmati kopi dengan makanan pendamping, berikut daftar camilan yang bisa kamu cicipi sembari menikmati kopi yang sudah Kompas.com rangkum, melansir The Spruce Eats:

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan manisan alami dan juga pendamping kopi yang lebih ringan dan sehat. Buah-buahan yang bisa kamu konsumsi antara lain adalah buah beri, buah batu, dan tar buah.

Buah beri

Kopi Kenya dan Haiti cocok untuk dinikmati bersama buah beri. Sementara kopi Yaman dan Jamaika dapat dinikmati secara khusus dengan blueberry.

Buah batu

Untuk buah batu, buah yang segar atau sudah menjadi manisan seperti buah persik, prem, dan aprikot bisa dinikmati dengan kopi Tanzania dan Haiti.

Tar buah

Jika kamu sedang meminum kopi Brazil atau Kosta Rika dark-roasted, kamu bisa menikmatinya dengan tar buah.

Cokelat

Kopi dan cokelat merupakan kombinasi yang mengagumkan. Oleh karena itu, mungkin kamu bisa pertimbangkan camilan cokelat untuk kopimu di siang hari. 

Ragam olahan cokelat dapat dinikmati sembari menyesap kopi espreso.

Kue brownies dark chocolate

Kudapan cokelat pertama adalah kue brownies dark chocolate. Kamu bisa menikmatinya sembari meminum secangkir kopi Indonesia atau kopi Guatemala.

Keik cokelat

Kamu bisa menikmatinya bersamaan dengan kopi Guatemala dark-roasted. Untuk keik cokelat mousse, bisa dinikmati bersama kopi arabika. Cupcake cokelat dengan icing vanila sedap untuk dinikmati bersama dengan kopi Kolombia.

Buah berlapis cokelat

Buah yang sudah dilumuri coklat bisa dinikmati dengan seluruh kopi Afrika. Namun untuk kopi Sidamo Ethiopia, tar ceri berlapis cokelat lebih direkomendasikan.

Dark chocolate

Secara ideal, dark chocolate lebih nikmat jika disantap bersamaan dengan kopi Indonesia, Brasil, Ethiopia, Guatemala, dan kopi dark-roasted lainnya.

Susu cokelat

Susu cokelat bisa dijadikan santapan semua jenis kopi dari berbagai tempat. Di antaranya kopi Kolombia, Kenya, Sumatera, Yaman, Ethiopia, dan Kona.

Cokelat putih

Rasa unik dari cokelat putih bisa dinikmati sembari menyesap kopi Kolombia, Kosta Rika, dan Yaman.

Kue panggang

Seluruh kue panggang dapat dijadikan sebagai santapan nikmat pelengkap hidangan kopi. Baik itu kue yang kamu buat sendiri maupun yang beli di toko roti atau toko kopi.

Biscotti

Selain donat, biscotti mungkin merupakan kue yang kerap disantap sembari meminum kopi di Amerika. Kue tersebut memiliki berbagai macam rasa dan pilihan.

Biscotti rasa almond mungkin sudah biasa, tetapi kamu bisa coba rasa ceri, cokelat, dan rasa lain yang disediakan. Kamu bisa menikmatinya dengan espreso.

Keik

Keik dan kopi merupakan pasangan hidangan yang klasik sama seperti cokelat dan kopi. Keik wortel bisa dipasangkan dengan kopi Kolombia.

Selain itu, keik tersebut juga bisa dipasangkan dengan berbagai jenis kopi dari berbagai tempat. Tidak hanya keik wortel, hampir seluruh keik cocok disantap dengan kopi.

Caramel flan

Rasa caramel flan yang asin dan manis bisa kamu nikmati bersamaan dengan kopi Indonesia dan Guatemala.

Roti kayu manis

Rasa karamel dan coklat dalam kopi Kolombia dan Guatemala cocok untuk dinikmati bersama dengan roti kayu manis.

Roti kopi

Siapapun yang suka membuat kue pasti ingin menjelajahi resep roti kopi. Kamu bisa menggunakan profil rasa dari masing-masing resep kopi tersebut untuk mencoba memasangkannya dengan rasa kopi yang menurutmu tepat.

Keik kopi

Kue danish dan keik kopi cocok untuk disantap bersama dengan hampir semua jenis kopi yang ada.

Kue-kue tersebut lebih cocok disantap bersama kopi Hawaii atau Nikaragua light atau medium roast.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/25/153600527/daftar-camilan-untuk-pendamping-minum-kopi-favoritmu-1

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke