Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Camilan untuk Pendamping Minum Kopi Favoritmu (2)

KOMPAS.com - Menikmati secangkir kopi bisa juga ditemani beragam makanan pendamping. Camilan untuk teman ngopi bisa saja berupa keik, kue kering, kue pastry, maupun hidangan sarapan.

Sebagai referensi, berikut daftar camilan tepat yang disesuaikan dengan karakteristik rasa kopi, melansir The Spruce Eats.

Kue panggang

Kue panggang bisa menjadi camilan pendamping minum kopi favoritmu. Baik itu kue yang kamu buat sendiri maupun yang beli di toko roti atau toko kopi.

Croissant

Kue khas Perancis ini bisa dinikmati dengan hidangan kopi tanpa hiasan apa pun. Namun kamu bisa coba nikmati croissant dengan cafe au lait, hidangan kopi yang dicampur dengan susu panas.

Donat

Berbagai macam donat bisa dijadikan sebagai hidangan pelengkap kopi apa saja. Para pecinta kopi dan donat bahkan mengatakan bahwa susu dan gula bisa mendampingi tipe kopi apa pun.

Rasa kopi Kosta Rika yang lembut bisa dinikmati bersama dengan donat.

Muffin

Sama seperti donat, hampir seluruh jenis kue muffin bisa dijadikan pelengkap berbagai jenis kopi. Namun kopi Kosta Rika dan Meksiko lebih cocok dinikmati bersama muffin.

Kue kismis oatmeal

Kopi Nikaragua dan Kona light atau medium roast merupakan minuman paling ideal untuk dinikmati bersama kue kismis oatmeal.

Scone

Scone biasanya disantap bersama teh, tetapi scone buah juga bisa dinikmati bersama kopi Yaman, Kenya, dan Haiti. Sementara untuk scone tanpa rasa, kamu bisa memakannya dengan kopi Kosta Rika.

Untuk scone kismis rasa mapel, kamu bisa santap dengan kopi Kona atau Nikaragua. Scone jeruk juga bisa disantap dengan kopi Meksiko dan Ethiopia.

Shortbread (kue tradisional Skotlandia)

Rasa shortbread yang seperti mentega dan teksturnya yang sedikit keras membuat kue tersebut cocok untuk disantap bersama dengan kopi Kosta Rika atau Brasil. Bisa juga dengan kopi breve coffee.

Roti manis

Roti kacang zucchini akan nikmat untuk disantap bersama dengan kopi Kolombia. Sementara roti kacang pisang bisa dikonsumsi dengan kopi Kosta Rika, Kenya, atau Kona.

Roti kacang labu lebih cocok untuk dinikmati bersama dengan kopi Kolombia atau Kosta Rika. Meski begitu, seluruh roti manis bisa disantap bersama dengan espresso con panna.

Hidangan sarapan

Di pagi hari, menyantap sarapan bersama kopi merupakan kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat.

Namun ternyata ada beberapa hidangan sarapan yang cocok disantap dengan jenis kopi yang berbeda.

Crepes

Gurihnya crepes yang dibuat dengan sayuran, rempah, keju, dan daging bisa dinikmati bersama dengan kopi Pulau Pasifik. Sementara crepes cokelat atau Nutella bisa dengan kopi Kolombia.

Selanjutnya, crepes beri juga bisa dinikmati dengan kopi Kenya atau Haiti. Sementara itu, seluruh crepes bisa dipasangkan dengan espreso atau kopi berbahan dasar espreso, seperti cappuccino dan coffee latte.

Telur dan bacon atau sosis

Hidangan sarapan ala Amerika ini cocok disantap dengan kopi Kosta Rika. Namun untuk telur dadar, makanan tersebut bisa dibarengi dengan kopi Indonesia yang cocok untuk berbagai macam hidangan gurih.

Panekuk dengan sirup mapel

Kopi Kona dan Nikaragua bisa dijadikan sebagai pelengkap dari rasa mapel dan kue yang merupakan hidangan sarapan klasik tersebut.

Quiche

Hidangan ini nikmat untuk disantap bersama dengan kopi Pulau Pasifik yang memiliki rasa gurih.

Roti gandum bakar

Kopi Kosta Rika, Kolombia, Guatemala, atau Brasil light atau medium roast cocok untuk dijadikan sebagai pendamping hidangan sarapan yang sederhana seperti roti bakar atau sereal.

Selain itu, kopi cappuccino dan cafe au lait juga bisa dinikmati sembari memakan hidangan sarapan sederhana.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/25/190900127/daftar-camilan-untuk-pendamping-minum-kopi-favoritmu-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke