Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Jeruk Nipis yang Bagus dan Banyak Air

JAKARTA, KOMPAS.com  - Jeruk nipis sering kali dimanfaatkan untuk menambah rasa asam yang segar dalam makanan.

Selain dicampur dalam makanan dan minuman, jeruk nipis juga bisa berguna sebagai bahan untuk untuk marinasi daging dan penghilang bau amis pada ikan.

Kandungan asam pada jeruk nipis juga dapat melunakkan daging. Oleh karena itu sebelum digoreng atau dipanggang, tak asa salahnya meneteskan air jeruk nipis pada daging.

Dikutip dari buku Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur (2016), karya penulis Made Astawan yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas, ada tips jitu untuk memilih jeruk nipis yang bagus.

Saat memilih jeruk nipis yang bagus dapat dilihat dari warna dan tekstur kulit buahnya.

Jeruk nipis yang  memiliki ciri bentuk bulat, licin mengilat, dan berkulit tipis bisa dikatakan sebagai jeruk nipis dengan kualitas yang baik.

Jika dipegang tangan, kulitnya terasa empuk dan lunak. Disebutkan bahwa semakin tipis kulit jeruk nipis makan semakin banyak kandungan air buahnya.

Lihat juga warna pada jeruk, jika berwarna hijau kekuningan maka jeruk nipis masih memiliki rasa yang kuat.

Jeruk nipis yang disimpan di lemari es kesegarannya dapat tahan berbulan-bulan. Sebelum digunakan, harap direndam terlebih dahulu dalam air dingin di dalam lemari es.

Tekan dan gulung jeruk nipis ini di atas meja, hal ini dapat dilakukan untuk mendapat air jeruk nipis yang lebih banyak.

Lalu rendam beberapa menit dengan air hangat. Setelah itu dibelah, daging buahnya dapat juga dicocok dengan daging dan diputar-putar agar udara terperas lebih banyak.

Jeruk nipis juga terkenal di negara lain seperti di Malaysia disebut  limau asam atau limau nipis, soma nao atau manao di Thailand.

Di Indonesia, terkenal dua jenis jeruk nipis yaitu jeruk nipis berbiji dan jeruk nipis tanpa biji.

Buah jeruk nipis dengan berbiji bulat memiliki bentuk kecil memiliki ukuran 3,5 hingga 5 sentimeter dengan ujung buah tidak berputing.

Saat masih belum tua, buahnya berwarna hijau, lalu berubah menjadi kuning kehijauan setelah masak. Buah jenis ini biasanya tumbuh bergerombol.

Sedangkan jeruk nipis tanpa biji bentuknya bulat lonjong, memiliki ukuran yang sama dengan telur ayam.

Ketika sudah tua dan matang, warnanya akan berubah menjadi kuning. \

Walaupun terkenal dengan rasa asam yang luar biasa, jenis jeruk nipis juga ada yang memiliki rasa manis yaitu Citrus limetta.

Jenis jeruk nipis ini juga dikenal dengan sebutan sweet lemon atau jeruk lemon manis.  Jeruk ini merupakan hasil persilangan antara jeruk nipis biasa dan jeruk lemon manis atau jeruk sukade manis.

Jeruk nipis sering dianggap sama dengan jeruk lemon. Padahal keduanya berbeda. Jeruk nipis memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan jeruk lemon.

Jeruk nipis biasanya dijual dipasaran saat masih berwarna hijau.

Buku "Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur" karya Made Astawan yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas, bisa dibeli di Gramedia.com.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/02/121700727/tips-memilih-jeruk-nipis-yang-bagus-dan-banyak-air

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke