Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Tenaga Medis di Purwokerto Diusir dari Kostan, Aksara Homestay Beri Penginapan Gratis

Aksara Homestay yang terletak di Purwokerto, Jawa Tengah, berbagi cerita tentang niat baik membantu tenaga medis. 

Mereka menutup operasional homestay dan mengalihkannya untuk tempat tinggal tenaga medis tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Sudah sejak Kamis malam tanggal 26 Maret, Aksara Homestay sudah alih fungsi menjadi tempat menginap tenaga medis yang menangani corona," kata pemilik Aksara Homestay, Brili Agung, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Brili kemudian bercerita bahwa awalnya, Aksara Homestay dipersiapkan untuk tempat karantina sementara para pemudik yang datang dari kota-kota besar di luar Purwokerto.

Ia berpikir bahwa para pemudik tersebut bisa saja berisiko menyebarkan virus semakin luas jika tidak dikarantina.

Oleh karenanya, ia awalnya berniat untuk menjadikan homestay miliknya sebagai tempat karantina.

"Belum sempat saya usulkan ke beberapa pihak terkait, tiba-tiba ada pesan dari teman yang mengabarkan adanya tenaga medis RSUD Margono Soekarjo yang 'diusir' dari kos-kosan dan kesulitan mencari tempat tinggal," jelasnya.

Mendengar kabar tersebut, Brili langsung memutuskan untuk memberikan penginapan bagi dua tenaga medis itu.

Ia lantas berkoordinasi dengan berbagai pihak dan juga dengan Bupati Banyumas Achmad Husein untuk meminta izin serta arahan agar homestay miliknya dapat jadi tempat tinggal tenaga medis.

"Gayung bersambut, saya langsung diminta untuk menyiapkan MOU dengan Direktur RSUD Margono Soekarjo," cerita Brili.

Ia mengaku siap menanggung semua fasilitas dan biaya operasional untuk bisa menyediakan tempat menginap terbaik bagi tenaga medis.

Ia melanjutkan, tak hanya fasilitas kamar yang diberikan, dirinya juga siap menanggung dan menyediakan konsumsi sarapan.

Ia menambahkan bahwa beberapa temannya sudah ada yang mengontak untuk memberi bantuan berupa multivitamin, dan hand sanitizer.

Adapun fasilitas kamar di Aksara Homestay ini yaitu TV 32 inch, pendingin ruangan, air panas, internet WiFi gratis, laundry, dan housekeeping.  

Homestay ini juga dilakukan tindakan berstandar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti penyemprotan disinfektan setiap hari, pengecekan suhu tubuh tenaga medis, pendataan, dan pemberian suplemen herbal yaitu madu dan lainnya.

Seminggu operasional homestay untuk tenaga medis telah berjalan, Brili mengatakan sudah ada 20 tenaga medis yang menginap.

"Kami punya 24 kamar, di mana tanggal 5 April besok akan full diisi oleh 24 tenaga medis," ujarnya.

Tak sendirian, Brili juga mengatakan jika niat baik ini diikuti oleh berbagai pihak yang peduli terhadap tenaga medis.

"Teman saya di Jakarta ada yang bikin bantuan donasi melawan pandemi ini untuk membantu biaya operasional di Aksara Homestay. Jadi Alhamdulillah banyak sekali pihak-pihak yang membantu," jelasnya.

Kendati mengalami penurunan untuk bisnis penginapan karena virus corona, Brili memilih untuk menutup operasional kehadiran tamu, dan mengubahnya menjadi tempat tinggal tenaga medis.

Ia rela tidak mendapat pemasukan untuk membantu terlebih dulu.

Menurutnya, jika satu orang ada yang tergerak membantu, pasti akan diikuti oleh niat baik lainnya.

"Yang membuat saya tergerak ya apalagi sih selain melawan pandemi ini,"

Sesuai MOU Brili akan menjadikan homestay ini sebagai tempat tinggal tenaga medis selama satu bulan, tetapi sifatnya kondisional.

Namun, saat ini Brili membutuhkan tambahan disinfektan karena penggunaan alat tersebut setiap harinya lama-lama akan habis.

"Sekecil apapun bantuan, itu pasti akan sangat berarti. Saya harap ini jadi percikan kecil bagi semua pihak untuk tergerak melawan corona," pungkasnya.

Hotel ini berada tepatnya di Gang Menoezan Indah, Mersi, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/02/170300727/ada-tenaga-medis-di-purwokerto-diusir-dari-kostan-aksara-homestay-beri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke