Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Hotel Dalton Sediakan Tempat Istirahat Tenaga Medis Covid-19

General Manager Dalton Hotel Makassar Junaidi mengatakan, sejak Senin (30/3/2020), hotelnya dipilih menjadi salah satu tempat istirahat bagi tenaga medis.

"Hotel Dalton seperti halnya dengan hotel lain di mana bisa menerima tamu dari kalangan mana saja, dan terkhusus untuk saat ini di mana banyak para medis khususnya para perawat membutuhkan tempat menginap sekaligus agar lebih mudah terkoordinir," kata Junaidi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Junaidi melanjutkan, lokasi Hotel Dalton dinilai strategis dan dekat dengan beberapa rumah sakit yang digunakan untuk merawat pasien virus corona.

Oleh karena itu, atas kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan pihak Dalton, hotel ini ditetapkan menjadi tempat menginap para tenaga medis tersebut.

"Kamar hotel yang digunakan tentunya tidak di-free kan, namun harga yang disepakati adalah harga yang sangat khusus untuk sekadar menutup biaya operasional dan atas nama kemanusiaan," kata Junaidi.

"Jadi para tenaga medis tidak perlu mengeluarkan biaya, sudah ditanggung Pemprov," lanjutnya.

Adapun fasilitas yang ada di hotel berbintang tiga ini yakni para tenaga medis mendapat kamar berkapasitas untuk dua orang.

Selain itu, tenaga medis juga mendapatkan sarapan, laundry, dan tambahan makan siang, serta makan malam.

"Semua itu ditanggung pemerintah," lanjut Junaidi.

"Mulai dari penyemprotan disinfektan, kegiatan sanitasi, social distancing atau physical distancing di seluruh area publik dan lainnya," kata Junaidi.

"Terkhusus pula dari sisi housekeeping kami mulai dari standar sanitasi, frekuensi pembersihan, penyemprotan disinfektan serta penggunaan alat pelindung diri yang diperlukan," tambahnya.

Selain itu, semua pelayanan dan mekanisme preventif juga sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ada dan diberlakukan kepada tamu maupun staf hotel seperti pengukuran suhu badan, disinfektan, wajib cuci tangan dan pemberian hand sanitizer.

Tiga hari berselang, Junaidi mengatakan, sudah ada 80-90 kamar setiap harinya yang diisi oleh tenaga medis.

"Operasional kami tetap normal, semua perlakuan preventif terkait virus corona berlaku sama," pungkasnya.

Tiga hotel tersebut menyediakan ratusan kamar yang terbagi di tiga zona di Kota Makassar. Adapun tiga hotel itu yakni, Hotel Sutomo, Grand Sayang Park Hotel dan Grand Puri Perintis Hotel.

Nurdin Abdullah menjelaskan, jika Hotel Sutomo menyiapkan 51 kamar berada di zona satu yang bisa digunakan tim medis Covid-19 yang bertugas di RS Pelamonia, RSKD Dadi dan RS Akademis.

Sementara Grand Sayang Park Hotel menyiapkan 100 kamar berada di zona dua yang bisa digunakan tim medis Covid-19 yang bertugas di RSUD Haji Makassar, RSUD Labuang Baji.

Sementara untuk zona tiga yaitu RS Pendidikan Unhas, RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar dan RS Private Care Center (PCC) disediakan pula 38 kamar di Grand Puri Printis Hotel.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/03/081500027/cerita-hotel-dalton-sediakan-tempat-istirahat-tenaga-medis-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke