Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Simpan Strawberry agar Awet hingga 1 Tahun

KOMPAS.com – Stroberi adalah buah manis dan sederhana yang bisa dilahap hanya dalam satu gigitan. Stroberi cocok dijadikan camilan memuaskan kesenanganmu akan makanan manis.

Melansir Good Housekeeping, Senin (6/4/2020), stroberi kaya akan vitamin C, mangan, dan folat. Buah tersebut bagus untuk dijadikan sebagai hidangan sarapan untuk memulai harimu, dan dinikmati seusai makan malam.

Stroberi yang segar tentunya sangat nikmat. Namun, jika kamu pernah membuka kulkas dan melihat stroberi dipenuhi oleh jamur (mold), maka kamu tahu secepat apa buah tersebut memburuk.

Sekantung stroberi yang sudah dibekukan selalu menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam waktu jangka panjang.

Namun, jika kamu baru kembali dari toko kelontong dan membawa terlalu banyak stroberi, kamu bisa membekukannya sendiri.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), stroberi segar direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam 2–3 hari saat ditaruh di kulkas. Namun, stroberi beku dapat bertahan selama 8 – 12 bulan.

Apabila kamu berencana untuk menghilangkan kebekuan buah tersebut untuk dijadikan cemilan beberapa saat kemudian, bekukan stroberi secara menyeluruh.

Kamu juga bisa iris stroberi menjadi dua jika ingin digunakan dalam smoothie, atau bahan resep makanan penutup seperti Strawberry Rhubarb Layer Cake, atau Pavlova with Strawberries and Rhubarb.

Lantas, bagaimana cara membekukan stroberi yang benar?

Jangan cuci stroberi dengan merendamnya

Langkah pertama adalah cuci stroberi sampai bersih. Namun, cara membersihkannya adalah mencucinya di bawah air yang mengalir.

Jika kamu mencuci stroberi dengan merendamnya, maka kamu bisa menghilangkah rasa alami buah tersebut.

Setelah itu, potong batangnya dan buang. Jika kamu memotong stroberi untuk digunakan dalam sesuatu, kamu bisa lakukan hal tersebut sebelum buah dibekukan.

Bekukan secara terpisah sebelum ditaruh secara bersamaan di dalam freezer

Langkah selanjutnya adalah bekukan stroberi secara terpisah atau individual. Tempatkan buahmu di atas loyang datar (baking sheet) yang sudah dilapisi kertas.

Masukkan ke dalam freezer selama lebih kurang 2 jam, atau hingga stroberi benar-benar beku. Hal ini dapat membuat stroberi tidak saling menempel saat kamu menyimpannya.

Setelah buah tersebut beku, taruh mereka ke dalam tempat penyimpanan yang aman untuk ditaruh ke dalam freezer.

Freezer burn adalah keadaan suatu makanan yang telah dibekukan menjadi rusak. Hal ini karena adanya dehidrasi dan oksidasi yang disebabkan oleh udara mengenai makanan tersebut.

Setelah stroberi dikemas dengan baik dan rapat, kamu bisa langsung masukkan ke dalam freezer hingga kamu siap untuk menggunakannya.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/09/091500827/cara-simpan-strawberry-agar-awet-hingga-1-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke