Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bunga Sakura Tumbuh dengan Indah di Tengah Wabah Virus Corona

KOMPAS.com – Pandemi global virus corona (Covid-19) membuat hampir sebagian besar masyarakat dunia memilih untuk tetap berada di dalam rumah.

Beberapa taman dan kebun di seluruh dunia pun terlihat kosong. Musim sakura tahun ini jadi tampak berbeda, tak ada wisatawan yang berpikinik untuk menikmati keindahan sakura.

Melansir Insider, Senin (6/4/2020), berikut beberapa foto bunga sakura yang mekar di taman dan kebun kosong di seluruh dunia:

1. Wuhan, China

Menurut CNN, Universitas Wuhan biasanya merupakan salah satu tempat di perkotaan China untuk melihat bunga sakura.

2. Bonn, Jerman

Biasanya, Kota Bonn yang terletak di barat Jerman mendatangkan ribuan wisatawan. Namun, tahun ini hanya sekelompok kecil masyarakat lokal saja yang bisa menikmati keindahan bunga sakura yang sedang mekar.

Meski begitu, polisi tetap melakukan patroli di jalanan Bonn untuk mengontrol kerumunan yang ada di bawah rindangnya bunga sakura tersebut.

Jalanan-jalanan di Bonn yang terkenal akan bunga sakuranya terletak di Altstadt, atau Old Town.

3. Washington DC, Amerika

Washington, DC, terkenal akan bunga sakuranya. Namun saat ini festival bunga sakura tahunannya harus dibatalkan.

Namun, organisasi yang menyelenggarakan DC’s National Cherry Blossom Festival tetap mengadakan festival virtual.

Hal ini dilakukan untuk mengimitasi pengalaman melihat bunga sakura dan mencegah orang-orang mengerumuni area bunga sakura secara langsung.

Para petinggi di Washington DC juga telah menutup sebagian area di sekitar Tidal Basin, tempat untuk melihat bunga sakura di Ibu Kota negeri Paman Sam tersebut.

Disusul penutupan oleh polisi pada 22 Maret 2020 untuk melarang masyarakat mengerumuni bunga sakura.

Menurut Washington Post, hal tersebut dilakukan karena sebelumnya mereka mendapati para warga berkumpul untuk melihat mekarnya bunga sakura pada awal Maret 2020.

4. Masjid Akhmad Kadyrov, Chechnya, Rusia

Masjid Akhmad Kadyrov di Kota Chechnya yang khas dengan kubah berwarna birunya turut dihiasi oleh bunga sakura.

Namun, tahun ini area di sekitar salah satu masjid terbesar di Rusia tersebut tampak sepi akan masyarakat yang melihat bunga sakura.

5. Taman Ueno, Tokyo, Jepang

Jepang kerap disebut sebagai negeri bunga sakura karena memiliki banyak sekali tanaman tersebut. Salah satu tempat yang memiliki bunga sakura adalah Taman Ueno di Tokyo.

Taman umum yang besar tersebut telah melarang pengunjung masuk ke areanya untuk menikmati keindahan bunga sakura. Bahkan, di sana terdapat garis polisi dan kerucut lalu lintas (traffic cone).

Sebelumnya, Taman Ueno terkenal akan penyelenggaraan festival bunga sakura saat bunga tersebut mekar pada pertengahan Maret hingga awal April.

6. Kuil Koutokuin, Kamakura, Jepang

Kuil umat agama Buddha tersebut biasanya merupakan tempat paling populer untuk dikunjungi. Sebab, di sana terdapat bunga sakura yang indah.

Namun pada 1 April 2020, hanya terdapat beberapa pengunjung saja yang terlihat sedang menikmati keindahan bunga tersebut.

7. Seoul, Korea Selatan

Tahun ini, taman-taman di seluruh Korea Selatan dan festival bunga sakura ditiadakan dan diberhentikan karena wabah virus corona.

Bahkan, beberapa pintu masuk ke area bunga sakura telah diblokade untuk menghentikan masyarakat mengerumuni tempat tersebut.

Saat ini, Swedia tidak memiliki lockdown yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Mereka juga masih membuka ruang publik. Meski begitu, King’s Garden memiliki pengunjung yang jauh lebih sedikit dari biasanya.

King’s Garden merupakan taman terkenal di Stockholm yang memiliki bunga sakura yang indah.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/10/213400427/bunga-sakura-tumbuh-dengan-indah-di-tengah-wabah-virus-corona

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+