Salin Artikel

Kuliner Khas Paskah dari 18 Negara, Pie Buah sampai Kaki Domba

Dilansir dari Insider, berikut ini daftar makanan khas Paskah yang berasal dari 18 negara berbeda di dunia. Dari kue buah dengan isian marzipan di Inggris hingga pie asin isi dari Argentina.

1. Inggris: Kue Simnel

Kue simnel telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Kue simnel adalah kue buah yang biasanya dimakan pada hari Minggu selama masa puasa atau Lent di Inggris.

Kue ini diberi topping berupa lapisan marzipan yang dipanggan dan 11 atau 12 bola marzipan yang merepresentasikan 12 rasul.

Dibuat dari keju cottage dan krim keju, pashka adalah dessert yang punya cita rasa asin yang bisa dimakan langsung atau dengan tambahan roti.

Gundukan keju tersebut seringkali dihiasi dengan buah kering dan huruf XB yang artinya “Kristus telah bangkit”.

Pascua sendiri adalah bahasa Spanyol untuk Paskah. Maka, Torta Pascualina artinya adalah “Kue Tart Paskah”. Pie asin ini diisi dengan ricotta, telur rebus, bayam, artichoke, dan parsley.

Karena pie ini tidak mengandung daging, hidangan ini jadi hidangan yang mudah ditemukan pada masa puasa atau Lent. Selain itu penggunaan banyak telur adalah sebagai simbolisasi kebangkitan kembali Yesus Kristus.

Resep untuk capirotada, puding roti yang disajikan pada hari Jumat Agung, berbeda untuk tiap negara.

Namun biasanya resep ini dibuat dari bolillo, roti yang mirip baguette, yang sudah direndam dengan sirup mulled yang dibuat dari gula, batang kayu manis, dan cengkeh.

Kacang-kacangan, buah kering, dan meses juga jadi topping yang umum. Capirotasa ditujukan untuk menandakan proses penyaliban.

Batang kayu manis merepresentasikan salib, cengkeh merepresentasikan paku, dan roti merepresentasikan tubuh Kristus.

Orang-orang Perancis punya resep khas Paskah untuk kaki domba yang dikenal sebagai “le gigot d’agneuau Pascal”. Walaupun namanya terlihat rumit, resepnya ternyata sangat sederhana.

Dagingnya dibumbui dengan bawang putih dan herba seperti rosemary, lalu dipanggang. Domba sendiri diketahui sebagai binatang yang dikurbankan.

Orang-orang yang membuat mämmi untuk Paskah harus mempersiapkannya sejak beberapa hari sebelumnya.

Mämmi harus disimpan di dalam lemari pendingin selama tiga sampai empat hari sebelum disajikan.

Dessert tradisional ini dibuat dari air, molasses, gandum rye, tepung rye, dan kulit jeruk Seville untuk perasa. Biasanya mämmi dimakan dingin-dingin dengan susu atau krim.

White borscht yang sering disebut sebagai zurek, tidak dibuat khusus untuk Paskah. Namun hidangan itu cukup sering ditemukan selama masa liburan.

Dibuat dari tepung rye yang diasamkan, sosis, dan telur rebus, sup ini hangat dan bisa mengenyangkan.

Roti manis adalah makanan yang umum ditemukan di masa liburan di Italia. Ada panettone di masa Natal dan colomba di pasqua saat Paskah.

Berbentuk seperti burung merpati, yang merupakan simbol perdamaian, colomba di pasqua diisi dengan manisan buah dan ditaburi dengan almond serta gula kristal.

Fanesca adalah sup hangat yang terdiri dari beragam biji-bijian dan kacang-kacangan termasuk bacalao, ikan kod yang diasinkan dan dikeringkan.

Bahan-bahan pastinya akan berbeda untuk masing-masing rumah.

Namun yang biasa digunakan termasuk kacang fava, labu, jagung, nasi, bawang putih, bawang bombay, kacang polong, dan susu.

Idealnya, ada 12 jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang digunakan untuk membuat sup ini. Jumlah itu merepresentasikan 12 rasul. Bacalao sendiri menyimbolkan Yesus.

Mirip dengan sajian challah, tsoureki adalah roti manis kepang. Tiga kepangan roti tersebut menyimbokan Trinitas Suci.

Sementara telur rebus yang biasanya jadi pendamping roti ini kala disajikan menyimbolkan darah Kristus, itulah mereka telur tersebut dicat berwarna merah.

Dikenal sebagai kerbelsuppe di Jerman, sup chervil dibuat dari chervil, sejenis herba yang mirip dengan parsley.

Sup ini biasa dimakan pada Kamis Maundy atau hari Kamis sebelum Paskah yang juga dikenal sebagai Gründonnerstag atau Kamis Hijau dalam bahasa Jerman. Itulah mengapa sup ini berwarna hijau.

Rosquillas de Semana Santa atau donat Paskah terasa lebih seperti kue daripada donat karena dibuat menggunakan tepung fermentasi daripada ragi.

Cara rosquillas disajikan berbeda-beda di sepanjang Spanyol. Namun penyajian yang paling umum adalah menaburkan gula di atasnya.

Banyak keluarga di Amerika Serikat menikmati daging ham panggang untuk Paskah. Daging ham-nya manis akibat lapisan bumbu yang dibuat dari madu dan gula merah. Atau akibat dari ditutupi dengan irisan nanas.

Sebelum kulkas diciptakan, binatang dipotong pada musim gugur dan daging mereka yang sudah diawetkan tidak akan siap dimakan sebelum Paskah tiba. Itulah asal mula tradisi ini.

Pinca adalah makanan Paskah yang populer digunakan untuk merayakan berakhirnya masa Lent di banyak negara di Eropa Timur, seperti Slovenia dan Kroasia. Sebelum dipanggang, simbol salib diukir di bagian atas adonan roti ini.

Walaupun babka sudah menjadi dessert favorit sepanjang tahun di banyak negara, kue spons ini awalnya disajikan pada hari Minggu Paskah di Polandia selama bertahun-tahun. Pada dasarnya, babka berbentuk bulat dan dipenuhi dengan lapisan manis.

Kombinasi dari piza dan pie, pizza chiena artinya piza dengan isi dalam dialek Napoli. Spesialisasi hidangan Napoli ini diisi dengan berbagai daging yang sudah diawetkan dan berbagai macam keju.

Roti kecil dengan rasa manis dan pedas ini biasanya dimakan pada Jumat Agung untuk menandai berakhirnya masa Lent. Hal tersebut sudah jadi tradisi Paskah selama berabad-abad lamanya.

Kismis digunakan untuk menandai titik pada roti, dan lapisan khusus digunakan untuk membuat lambang salib di bagian atas roti untuk merepresentasikan penyaliban Yesus.

Permen Brasil dengan rasa manis dan asin ini dibuat hanya dengan beberapa bahan sederhana. Di antaranya adalah kacang giling, garam, gula, dan kadang kala tepung singkong.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/11/225300427/kuliner-khas-paskah-dari-18-negara-pie-buah-sampai-kaki-domba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.