Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Akun Kredit AirAsia Indonesia, Bisa untuk Beli Tiket Berikutnya

KOMPAS.com - Demi mencegah penyebaran pandemi corona ( Covid-19 ), AirAsia Indonesia menghentikan sementara semua penerbangan domestik dan internasional mulai 1 April 2020.

Penerbangan rute domestik dihentikan sementara hingga 21 April 2020, sedangkan rute internasional sampai 17 Mei 2020.

Bagi penumpang yang telah memesan tiket AirAsia Indonesia, disarankan untuk menerima penawaran saldo Akun Kredit sebagai alternatif pilihan yang lebih baik, seperti dikatakan oleh CEO AirAsia Group Tony Fernandes pada siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Lalu apa itu Akun Kredit dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut penjelasan lengkapnya, melansir situs resmi AirAsia.

Layanan ini tersedia di akun BIG Member Anda di bawah kategori pilihan “Akun Kredit”.

Setelah masuk ke akun BIG Member Anda di airasia.com, silakan pilih “Akun Kredit” dan Anda akan dapat melihat saldo saat ini jika ada.

Akun Kredit hanya dapat diterima oleh BIG Member yang melakukan pembelian tiket atau penumpang yang melakukan perjalanan. Akun Kredit tidak dapat dipindahkan ke akun lainnya setelah ditukarkan.

Cara melihat Akun Kredit

1. Masuk ke akun BIG Member di airasia.com menggunakan ID BIG Member (alamat email yang digunakan saat pendaftaran).

2. Klik pada tab akun keanggotaan Anda (tempat nama Anda ditampilkan) dan pilih "Akun Saya" dari menu yang tampil ke bawah.

3. Pilih “Akun Kredit”
Saldo Akun Kredit Anda akan ditampilkan di sini.

Cara menggunakan Akun Kredit

1. Masuk ke akun BIG Member di airasia.com menggunakan ID BIG Member (alamat email yang digunakan saat pendaftaran).

2.  Pesan tiket, pilih rute, waktu penerbangan, tanggal penerbangan, dan cantumkan layanan tambahan yang Anda inginkan.

3. Setelah masuk halaman pembayaran, silakan pilih “Akun Kredit” sebagai opsi pembayaran dan saldo Akun Kredit Anda akan ditampilkan sebagai berikut.

4. Pilih “Beli” untuk mengkonfirmasi pembayaran Anda.

Jika saldo Akun Kredit tidak mencukupi, gunakan opsi pembayaran lain yang tersedia untuk membayar saldo yang tersisa, seperti BigPay, kartu kredit atau perbankan online.

Jika saldo Akun Kredit lebih dari jumlah yang harus dibayarkan, maka sisa saldo Akun Kredit dapat dipertahankan untuk pemesanan penerbangan berikutnya hingga masa berlaku habis.

Sementara itu, terdapat sejumlah keuntungan bila memilih Akun Kredit. Di antaranya adalah memiliki masa berlaku lebih lama dan lebih mudah digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Lebih cepat didapatkan

Selama AirAsia memiliki ID BIG Member Anda (alamat email yang digunakan untuk mendaftarkan akun BIG Member Anda), nilai Akun Kredit dapat dikirimkan ke akun BIG Member Anda dalam kurun waktu 5-10 hari setelah dikonfirmasi oleh AVA.

Anda juga akan menerima pemberitahuan email setelah Akun Kredit dikirimkan.

Masa berlaku lebih lama

Akun Kredit memberikan fleksibilitas untuk pembelian tiket berikutnya yang bisa dilakukan kapan saja, untuk rute dan tanggal keberangkatan sesuai pilihan Anda.

Bahkan saat periode puncak atau saat ada AirAsia BIG Sale selama jadwal penerbangan tersedia di airasia.com, dengan masa berlaku hingga 365 hari berikutnya.

Ada dua jenis periode pemberlakuan sebagai berikut, dan Anda akan dapat melihat masa berlaku Akun Kredit Anda setelah masuk ke akun BIG Member Anda:

  • Masa berlaku 365 hari kalender, untuk permintaan Akun Kredit akibat gangguan perjalananan terkait Covid-19.
  • Masa berlaku 90 hari kalender, untuk permintaan yang terkait dengan ketidakmampuan bepergian karena alasan medis.

Lebih mudah digunakan

Setelah menerima Akun Kredit, Anda dapat masuk ke airasia.com kapan saja untuk memesan penerbangan berikutnya.

Akun Kredit dapat digunakan untuk membayar pemesanan penerbangan Anda.

Pemesanan penerbangan tersebut termasuk harga tiket pesawat, tambahan bagasi, pilihan kursi, makanan dalam pesawat, asuransi, pajak dan biaya pemerintah, serta layanan opsional lainnya.

Jika saldo Akun Kredit Anda tidak mencukupi, silakan gunakan opsi pembayaran lain yang tersedia untuk membayar saldo yang tersisa.

Sementara itu, bagi penumpang yang telah memesan tiket melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia dan dibatalkan oleh AirAsia, dapat mengajukan pengubahan jadwal melalui fasilitas layanan pelanggan virtual AVA.

Informasi selengkapnya dapat dibaca pada tautan berikut:

https://travel.kompas.com/read/2020/04/14/151152527/cara-menggunakan-akun-kredit-airasia-indonesia-bisa-untuk-beli-tiket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke