Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asyik! Jelajahi Seluruh Dunia Harry Potter Melalui Tur Virtual

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai dari berkunjung ke Universal Studios di Florida hingga menjelajah Great Hall di Oxford, kini kamu bisa merasakan semua itu di rumah.

Melansir The Sun, Sabtu (11/4/2020), terdapat berbagai macam kegiatan virtual yang bisa kamu mainkan bersama dengan teman dan keluargamu.

Berikut kegiatan tur virtual wahana Harry Potter yang bisa kamu lakukan di rumah:

Menaiki wahana Harry Potter

Untuk saat ini, kamu tidak perlu berkunjung ke Florida guna menaiki wahana Harry Potter di Universal Studios Wizard World of Harry Potter.

Para penggemar taman tematik tersebut telah merekam pengalaman orang pertama dari setiap wahana yang ada. Kamu bisa menontonnya di YouTube.

Berikut daftar link setiap wahana yang bisa kamu coba:

  1. Hagrid’s Magical Creatures Motorbike Adventure: Klik link berikut.
  2. Flight of the Hippogriff: Klik link berikut.
  3. Harry Potter and the Escape from Gringotts: Klik link berikut.
  4. Harry Potter and the Forbidden Journey: Klik link berikut.

Tur virtual di kampus Oxford

Banyak adegan Harry Potter yang mengambil gambar di seluruh Oxford, termasuk menggunakan Oxford University. Kamu bisa mengikuti tur virtual yang telah disediakan.

Melalui tur virtual, kamu bisa menikmati pemandangan 360 derajat dan melihat beberapa fasilitas seperti ruang makan, perpustakaan, dan taman.

Bodleian Library, misalnya. Perpustakaan tersebut digunakan sebagai Hogwarts Infirmary di film Harry Potter and the Philosopher’s Stone.

Sementara taman New College Cloisters digunakan dalam adegan ketika Draco Malfoy diubah menjadi ferret oleh Barty Crouch Jr. yang menyamar menjadi Alastor Moody.

Sementara Christ Church College dijadikan sebagai inspirasi untuk Great Hall. Untuk melihat semuanya, kamu bisa langsung menuju ox.ac.uk.

Ikut pameran Harry Potter

Sebuah pameran bernama Harry Potter: A History of Magic awalnya diselenggarakan di British Library pada tahun 2017.

Kendati sudah tidak lagi buka, tetapi kamu bisa menyaksikan pameran tersebut melalui kolaborasi antara perpustakaan tersebut dengan Google Arts & Culture.

Akses dari balik layar yang ada dalam pameran tersebut menunjukkan seluruhnya, bahkan sebelum adanya buku-buku Harry Potter, termasuk beberapa catatan dan ilustrasi J.K. Rowling.

Tidak hanya itu, terdapat juga cerita bagaimana semuanya didesain, termasuk batu bertuah Harry Potter.

Kamu juga bisa mencoba beberapa mata pelajaran seperti Potions, Charms, Astronomy, dan Defense Against the Dark Arts.

Ikuti link berikut untuk melihat pameran tersebut: https://artsandculture.google.com/project/harry-potter-a-history-of-magic

Untuk The Leaky Cauldron, kamu bisa berkunjung ke Leadenhall Market melalui link berikut. Sementara adegan saat Dementor menyerang, kamu bisa lihat Millennium Bridge melalui link berikut.

Meskipun kamu saat ini tidak bisa mengikuti pelajaran Quidditch di Alnwich Castle, kamu bisa menjelajahi kastil tersebut melalui link berikut.

Glenfinnan Viaduct terkenal sebagai rute kereta api Hogwarts Express. Di film, kamu bisa melihat rute tersebut saat Harry Potter dan Ron Weasley mengendarai mobil terbang. Kamu bisa melihatnya di link berikut.

Platform milik Jk. Rowling, Wizardingworld.com, memungkinkan masyarakat untuk mengakses sebuah buku audio gratis dan salinan buku pertama yakni Harry Potter and the Philosopher’s Stone.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (14/4/2020), buku audio tersebut merupakan buku The Tales of the Beedle the Bard. Buku tersebut merupakan buku yang dalam dunia Harry Potter memiliki kisah tiga bersaudara.

Tiga bersaudara tersebut merupakan bagian penting dalam Harry Potter and the Deathly Hallows.

Mereka memiliki tiga benda penting dalam dunia sihir yakni Elder Wand, Resurrection Stone, dan Cloak of Invisibility.

Buku audio tersebut juga dibacakan oleh beberapa pemain Harry Potter seperti Jude Law, Jason Isaacs, Evanna Lynch, dan Bonnie Wright.

The Tales of the Beedle the Bard dan salinan Harry Potter and the Philosopher’s Stone bisa kamu dapatkan melalui Audible secara gratis.

Tidak hanya itu, dalam platform tersebut juga tersedia berbagai macam kuis menarik yang bisa kamu mainkan.

Beberapa kuis tersebut adalah kuis seputar makanan dalam Harry Potter, kesalahan mantra yang dilakukan oleh karakter dalam Harry Potter, dan kuis seputar Death Eaters.

Ada juga kuis virtual di Facebook pada 17 April 2020. Kamu bisa mengikuti acara tersebut dengan menyukai laman Facebook tersebut dan bernodasi sebanyak £2 atau sekitar Rp 39.558.

Pendapatan yang diperoleh melalui penyelenggaran kuis bertemakan Harry Potter akan diberikan pada National Health Service.

Selain kuis virtual, kamu juga bisa memainkan Hogwarts Digital Escape Room yang diciptakan oleh Sydney Krawiec selaku Youth Services Librarian di Peters Township Public Library di McMurray, Pennsylvania, Amerika.

Untuk mencoba permainan tersebut, kamu bisa klik situs berikut: docs.google.com.

J.K. Rowling selaku penulis Harry Potter juga telah meluncurkan Harry Potter At Home yang dilengkapi dengan sesi membaca, kegiatan, dan kuis yang ditujukan kepada anak-anak yang merasa bosan di rumah.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/14/163600627/asyik-jelajahi-seluruh-dunia-harry-potter-melalui-tur-virtual

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke