Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Dukung Restoran dan Hotel Selama Pandemi Corona, Beli Voucher sampai Tulis Review

Dilansir dari Smarter Travel, berikut ini lima cara sederhana dan aman mendukung bisnis pariwisata agar mereka tetap bisa bertahan hingga pandemi ini berakhir.

1. Membeli Voucher

Seorang pemilik restoran di Amerika Serikat berkata pada The Washington Post bahwa voucher ibarat pinjaman tanpa bunga bagi para pengusaha.

Ide ini bisa kamu terapkan di Indonesia. Beberapa hotel di Indonesia sudah mengeluarkan voucher yang berlaku hingga dua tahun.

Tanyakan pada toko atau restoran favorit kamu apakah mereka bisa mengeluarkan voucher yang bisa kamu pakai setelah masa karantina berakhir.

Dengan membeli voucher sekarang, kamu memberikan restoran atau toko cashflow tanpa mereka harus menawarkan apa pun pada saat ini.

Ketika toko atau restoran tersebut kembali buka dan keadaan jadi normal, kamu akan bisa menukarkan voucher tersebut dan membantu restoran atau toko dengan membawa lebih banyak bisnis.

2. Menulis Review Positif

Berapa kali kamu memilih restoran hanya berdasarkan jumlah review positif yang mereka miliki? Atau malah tidak mengunjungi tempat yang memiliki satu review jelek?

Menulis review positif pada platform ulasan perjalanan seperti TripAdvisor bisa membantu memberikan hotel, restoran, bar, atau toko favorit sedikit keunggulan ketika mereka buka kembali.

Juga bisa mendorong ulasan bisnis mereka semakin bagus ketika orang mencari pilihan delivery atau takeout.

Tak hanya ulasan di situs perjalanan, kamu juga bisa mengulas di situs-situs online travel agent.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti akun media sosial bisnis tersebut di Instagram, Facebook, dan Twitter. Tinggalkan pula komentar penyemangat ataupun ulasan positif di akun media sosial mereka.

Apakah toko lokal yang biasa kamu kunjungi itu memiliki situs? Banyak toko yang masih melayani pembelian online.

Kamu pun bisa belanja dengan nyaman dari rumah dan barang yang kamu beli pun akan dikirimkan.

Restoran mungkin akan menawarkan merchandise lainnya seperti baju atau buku resep. Menggunakan uang yang biasa kamu habiskan saat belanja langsung dan mengalihkannya ke penjualan online, bisa sangat membantu bisnis-bisnis kecil dan lokal.

Jika kamu biasa membeli buku dari toko online besar, mungkin kamu bisa memesannya dari toko buku lokal yang juga menjual buku mereka lewat situs, platfom media sosial, atau toko online.

4. Memesan Takeout dan Delivery

Banyak restoran yang sebelumnya hanya menawarkan makan di tempat sekarang juga mereka menawarkan fasilitas takeout dan delivery.

Jika memungkinkan, telepon atau pesan online langsung ke restoran mereka daripada lewat aplikasi pemesanan online pihak ketiga.

Hal tersebut agar restoran terhindar dari biaya tambahan yang aplikasi tersebut biasa bebankan.

Jangan lupa juga untuk memberikan tip untuk mendukung para pekerja yang menempatkan mereka dalam resiko terpapar pandemi untuk bisa menyajikan makanan yang kamu pesan dalam waktu seperti ini.

5. Berdonasi

Beberapa restoran dan toko telah memulai kampanye donasi untuk membantu mendukung pegawai mereka yang terpaksa cuti atau untuk membantu mereka agar bisa bertahan.

Pertimbangkan untuk berdonasi berapa pun besarannya. Bahkan jika kamu tidak mau berdonasi hanya untuk toko tertentu, ada banyak sekali jalur donasi yang bisa kamu lakukan untuk mendukung pekerja yang dibayar per jam, responden garis depan, dan masih banyak lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/17/115229027/5-cara-dukung-restoran-dan-hotel-selama-pandemi-corona-beli-voucher-sampai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke