Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AirAsia Operasikan Kembali Rute Domestik Secara Terbatas, Berikut Jadwalnya

KOMPAS.com - AirAsia Group menyatakan kesiapannya untuk memulai kembali penerbangan reguler rute domestik di beberapa negara.

Negara yang dimaksud ialah Malaysia (mulai 29 April 2020), Thailand (mulai 1 Mei 2020), Filipina (mulai 1 Mei 2020), India (4 Mei 2020), dan Indonesia (mulai 7 Mei 2020), bergantung pada persetujuan dari otoritas.

Pada tahap awal pengoperasian kembali ini, penerbangan akan tersedia secara terbatas untuk rute domestik tertentu.

Secara bertahap akan beroperasi di rute lainnya termasuk rute internasional. jika nantinya situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan dan wilayah telah dicabut.

Penerbangan telah tersedia dan dapat dipesan melalui airasia.com dan aplikasi AirAsia, serta dapat dibeli menggunakan saldo akun kredit.

Informasi lebih lanjut mengenai rute dan jadwal penerbangan akan diumumkan selanjutnya, dan tergantung persetujuan otoritas terkait.

"Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan kami, dan berharap dapat beroperasi penuh sesegera mungkin. Kami telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap Covid-19.

Kami juga bekerja sama dengan pihak otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan guna menjamin perjalanan yang aman dan nyaman bagi semuanya," kata President (Airlines) AirAsia Group Bo Lingam, sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

"Di AirAsia, keselamatan dan kesehatan penumpang dan karyawan adalah yang utama. Kami secara aktif bekerja sama dengan regulator, pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan.

Serta menaati panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan kami telah memenuhi standar kepatuhan dan kesesuaian pada setiap penerbangan yang kami lakukan di semua rute kami," lanjutnya.

Berikut jadwal pengoperasian kembali:

1. AirAsia Malaysia (AK), mulai 29 April 2020

2. AirAsia Thailand (FD), mulai 1 Mei 2020

3. AirAsia Philippines (Z2), mulai 7 Mei 2020

4. AirAsia India (I5), mulai 4 Mei 2020

5. AirAsia Indonesia (QZ), mulai 7 Mei 2020

6. AirAsia X Malaysia (D7), akan ditentukan kemudian

7. AirAsia X Thailand (XJ), akan ditentukan kemudian

Sebagai informasi, semua rute penerbangan dan tanggal pengoperasian kembali bergantung pada persetujuan pemerintah.

Kemudian AirAsia India (I5) hanya mengoperasikan penerbangan domestik di India. Sementara AirAsia X Malaysia (D7) dan AirAsia X Thailand (XJ) hanya mengoperasikan penerbangan internasional.

Para penumpang disarankan untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan umum seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga higienitas diri selama penerbangan.

Semua pesawat telah dilengkapi dengan penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit, dan akan melalui proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai penerbangan.

Calon penumpang juga dapat menghubungi AirAsia Virtual Allstar atau berbicara langsung dengan agen bantuan pelanggan di airasia.com atau support.airasia.com untuk bantuan lebih lanjut.

Calon penumpang disarankan untuk terus memantau perkembangan informasi imbauan yang dipublikasikan oleh AirAsia di airasia.com dan akun sosial media AirAsia.

Penumpang juga disarankan untuk memeriksa status penerbangannya di airasia.com/flightstatus untuk perkembangan terkini terutama di situasi seperti sekarang ini.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/18/112402027/airasia-operasikan-kembali-rute-domestik-secara-terbatas-berikut-jadwalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke