Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Doyan Sambal Matah? Ini Cara Menyimpannya Agar Tahan Lama

Jika kamu penggemar sambal dan malas membuatnya setiap hari, bisa coba resep satu ini, yaitu sambal matah.

Sambal khas Bali ini terdiri dari bahan-bahan mentah. Walau begitu, sambal ini bisa awet disimpan berhari-hari jika ditaruh di kulkas.

Chef Gatot Susanto, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts membagikan tips menyimpan sambal matah hingga awet di dalam kulkas. Sambal matah bisa bertahan hingga tiga sampai empat hari bahkan seminggu.

“Cara menyimpannya gampang, kalau sudah dingin (setelah dimasak) bisa di-wrap pakai plastic wrap masukin di kulkas,” jelasnya dalam Live Instagram Kompas.com Travel bersama Atria Hotel Gading Serpong dalam sesi di @kompas.travel Jumat, (17/4/2020) pukul 15.00 WIB.

Simpan dengan baik dalam kulkas di area dalam. Hindari area yang mudah terpapar jika kulkas dibuka, seperti pintu kulkas. Jika minyak beku, maka cukup dipanaskan sebelum dimakan.

Sambal matah terdiri dari bawang merah, sereh, cabai rawit merah, terasi, dan daun jeruk. Bahan-bahan ini dirajang lalu disiram dengan minyak kelapa panas.

“Minyaknya jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin," jelas Chef Gatot.

Pada Live Instagram Kompas.com Travel bersama Atria Hotel Gading Serpong dalam sesi di @kompas.travel Jumat, (17/4/2020) pukul 15.00 WIB membahan tips dan resep makanan.

Chef Gatot Susanto, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, mempratekkan cara memasak Kerapu Sambal Matah dan Dalgona Green Coffee.

Selain itu, penonton juga bisa bertanya mengenai teknik memasak kepada Chef Gatot yang sudah berpengalaman di dunia kuliner selama lebih dari 25 tahun.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/18/222200427/doyan-sambal-matah-ini-cara-menyimpannya-agar-tahan-lama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke