Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Pamerkan Foto Traveling di Rumah, Biar Tidak "Nganggur" di Ponsel

KOMPAS.com – Meskipun virus corona (Covid-19) menghentikan rencana perjalanan, tetapi bukan berarti kenangan manis saat melancong juga turut hilang.

Mengutip Lonely Planet, momen stay at home bisa kamu isi dengan memamerkan foto-foto traveling dari perjalanan-perjalanan yang pernah kamu lakukan.

Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memamerkan foto liburan di rumah:

1. Pasang bingkai digital di foto

Salah satu cara paling mudah untuk menampilkan foto liburan adalah melalui bingkai foto digital. Generasi terbaru dari bingkai foto tersebut memiliki fitur Wi-Fi.

Hal ini membuatnya mudah untuk dihubungkan dengan media sosial populer dan layanan penyimpanan penyimpanan awan (cloud storage).

Nixplay, misalnya. Mereka memiliki bingkai berdiri dan yang terpasang di dinding. Keduanya juga terhubung dengan Dropbox, Google Photos, Facebook, dan Instagram.

Sementara melalui aplikasinya, kamu bisa memanfaatkan lebih banyak fitur seperti kurasi koleksi, preferensi tampilan foto, dan pilihan untuk membagikan foto.

2. Buat buku foto

Kamu bisa menyusun foto dan membuatnya menjadi sebuah buku foto. Kamu bisa merapihkannya berdasarkan tema, warna, atau perjalanan tertentu.

Bagaimana pun mereka dikurasi, pastikan kamu memilih foto yang memang benar-benar kamu sukai.

Foto yang sedikit akan memberi dampak maksimum dalam laman buku, namun kamu bisa memecahnya menjadi kolase foto-foto kecil.

Layanan seperti Blurb, Mixbook, Printique, Costco, Mpix, Shutterfly, dan Artifact Uprising memiliki template dan alat yang secara otomatis bisa membantu hal-hal tersebut.

Kendati demikian, mereka tidak selalu mengisi tata letak foto dengan cara yang masuk akal.

Seorang editor foto buku dan desainer grafis untuk Far-Country Press, sebuah penerbit buku independen di Helena, Montana, bernama Steph Lehman memiliki beberapa saran.

“Saya menyukai banyak pilihan untuk bekerja dengan subyek dan lokasi, termasuk orientasi yang berbeda, skema warna, pilihan untuk menggunakan foto sebagai gambar utama, dan lain-lain,” kata Lehman, seperti dikutip Lonely Planet.

3. Eksperimen dengan berbagai media untuk dicetak

Kini tersedia berbagai media cetak, tidak hanya kertas foto. Mulai dari media cetak tradisional seperti foto yang dicetak kemudian dibingkai, hingga ke barang dekorasi rumah, dan benda-benda lain.

Selanjutnya, kamu bisa mempercantik area kerja di rumahmu dengan kalender foto, atau tingkatkan meditasi harianmu dengan alas yoga yang sudah dicetak.

Kamu juga bisa mencetak foto liburan menjadi sebuah selimut. Jadi mencetak foto tidak harus di kertas foto. Bisa saja cetak di mug, kain, hingga kaus.

4. Rubah dinding menjadi mural foto atau dinding foto

Mungkin kamu merasa saat ini dunia sedang menyusut. Namun foto-foto liburan bisa menjadi lebih besar dari kehidupan.

Mural dinding foto dapat membuatmu merasa seperti sedang tertidur di tengah hutan Skandinavia, atau menikmati makan malam yang lezat di pantai pasir putih.

Seorang Copy Editor di Chicago, Kelsey Miller, gemar menemukan cara yang unik untuk menampilkan foto. Dengan teknik do it yourself (DIY), dia menghemat uang untuk dinding foto di ruang tamunya.

Ia mencetak foto di kain lebar. Lalu kain tersebut dipotong menjadi 12 bagian.

“Kemudian saya menggunakan tepung jagung atau pasta air untuk merekatkan mereka ke bagian belakang 12 bingkai persegi IKEA,” lanjutnya.

Miller mengatakan bahwa bagian terbaik dari teknik DIY tersebut adalah dia bisa mengupas permadaninya.

Selain itu, tepung jagung atau pasta air yang digunakan juga mudah untuk dicuci dengan air dan sabun.

“Jadi saya selalu bisa menggantinya,” tutur Miller.

Selain mural foto, kamu juga bisa merubah dinding menjadi dinding foto yang terbuat dari pengelompokan foto-foto liburan yang berbeda.

Direktur Seni Cleveland, Stephanie Park, memiliki dinding foto di rumahnya.

“Mereka berasal dari semua tempat yang berbeda. Namun saya telah membuat mereka bersatu padu dengan mencetaknya dalam hitam dan putih,” kata Park.

Dia juga menaruh foto-foto liburan yang sudah dipermak tersebut di dalam bingkai perak dengan ukuran dan gaya yang berbeda.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/19/110213127/5-cara-pamerkan-foto-traveling-di-rumah-biar-tidak-nganggur-di-ponsel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke