Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jenis Kurma yang Bisa Kamu Temukan di Timur Tengah

Orang-orang Arab menyukai kurma bukan hanya karena manfaatnya, tapi juga konotasi budaya yang kurma miliki dengan nilai-nilai mulia seperti kedermawanan dan rasa terima kasih.

Dilansir dari Culture Trip, berikut ini 10 jenis kurma yang bisa kamu temukan di Timur Tengah. Berikut dengan arti mereka dan pentingnya kurma-kurma ini untuk masyarakat.

Pohon palem

Kurma adalah buah dengan rasa manis yang berasal dari pohon palem. Pohon palem bisa mencapai tinggi sekitar 21-23 meter dan daunnya bisa mencapai panjang empat hingga enam meter.

Kurma telah ada di bumi selama lebih dari 50 juta tahun lalu. Dipercaya, kurma berasal dari Irak dan telah dibudidayakan di negara-negara seperti Mesir dan Pakistan.

Jenis-jenis kurma

Kurma bisa dimakan langsung setelah mereka dipanen dari pohon atau bisa juga dikeringkan dan akan tahan lama selama beberapa tahun ke depan.

Ketika kurma dikeringkan dan disimpan di dalam kantung plastik, mereka seringkali memproduksi sirup manis yang akan menjaga kurma tetap lembap dan enak.

1. Barhi

Barhi atau Barhee adalah salah satu jenis kurma paling terkenal. Barhi punya daging yang tebal dan rasa yang kaya. Barhi lebih enak dimakan langsung dari pada dikeringkan lebih dahulu.

2. Thoory

Thoory atau Thuri terkenal di Algeria dan punya kulit buah yang berkerut dan berwarna coklat kemerahan. Biasanya kurma Thoory disajikan dengan memasukkan kacang lebih dulu ke dalam dagingnya.

3. Halawi

Halawi, Halawy, atau Halwa adalah tipe kurma yang sangat manis dengan ukuran yang kecil dan punya tekstur yang sangat lembut. Hal itu cukup menjelaskan arti nama kurma ini yang artinya manis.

4. Medjool

Kurma Medjool, Medjul, atau Madjool adalah kurma manis lembut dengan tekstur berserat dan kulit yang punya warna ambar hingga merang kecoklatan. Kurma jenis ini tumbuh di Palestina, Maroko, Arab Saudi, dan Yordania.

5. Khadrawy

Kurma Khadrawy atau Khadrawi adalah kurma dengan warna oranye kecoklatan hingga coklat muda yang lembut.

Khadrawy dianggap punya salah satu tekstur dan rasa terbaik. Kurma ini paling enak ketika dimakan langsung.

6. Deglet Noor

Deglet Noor artinya ‘kurma cahaya’. Kurma ini mendapatkan nama tersebut karena bagian tengah dari kurma terlihat berwarna emas atau bercahaya ketika dihadapkan ke matahari. Deglet Noor punya rasa sedikit manis dan agak kering.

7. Fard

Fard atau Fardh adalah jenis kurma yang membuat negara Oman terkenal. Fard punya biji yang kecil, kulit yang empuk, dan rasa yang manis dengan warna kulit coklat tua.

8. Zahidi

Kurma Zahidi adalah kurma dengan karakteristik agak kering. Zahidi punya kulit lembut dengan warna kuning keemasan.

Kurma ini besarnya medium, agak silinder, punya daging yang tebal, penuh dengan sari buah, dan bagus jika disimpan lebih dahulu.

9. Dayri

Dayri atau Derrie adalah kurma berwarna merah yang lembut dan punya ukuran Panjang. Warna mereka akan berubah dari coklat lalu hitam, dengan rasa yang manis.

10. Zaghloul

Kurma Zaghloul punya kulit berwarna merah tua dan sangat popular di Mesir. Kurma jenis ini punya ukuran panjang, tekstur yang krispi, dan rasa yang sangat manis.

9 negara Timur Tengah penghasil kurma terbanyak

Kurma di dunia kebanyakan diproduksi di negara-negara Timur Tengah.

Berdasarkan data dari Food and Agriculture Organization (FAO) Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), berikut 9 negara Timur Tengah produsen kurma terbesar pada 2018:

1. Mesir, memproduksi sekitar 1,5 juta ton kurma. Kurma paling umum di Mesir adalah Hayany dan Zaghloul.

2. Arab Saudi, memproduksi lebih kurang 1,3 juta ton kurma. Kurma paling umum di Arab Saudi adalah kurma Ajwah, Al Khunaizi, Khalasah, Medjool, dan Rotab.

3. Iran, memproduksi sekitar 1,2 juta ton kurma. Kurma paling umum di Iran adalah kurma Mazafati.

4. Algeria, memproduksi sekitar 1 juta ton kurma. Kurma paling umum di Algeria adalah Thoory, Deglet Noor, dan Iteema.

5. Irak, memproduksi sekitar 615.000 ton kurma. Kurma paling umum di Irak adalah Amir Hajj, Dayri, dan Khastawi.

6. Sudan, memproduksi sekitar 440.000 ton kurma. Kurma paling umum di Sudan adalah Bireir, Abid Rahman, dan Barkawi.

7. Oman, memproduksi sekitar 370.000 ton kurma. Kurma paling umum di Oman adalah Fard.

8. Uni Emirat Arab, memproduksi sekitar 350.000 ton kurma. Kurma paling umum di Uni Emirat Arab adalah Dabbas, Khenaizi, dan Lulu.

9. Tunisia, memproduksi sekitar 241.000 ton kurma. Kurma paling umum di Tunisia adalah Deglet Noor, Ftimi, Touzerzayet, dan Kenta.

Kurma dan orang Arab

Kurma dianggap sebagai makanan pokok orang Arab terutama di Semenanjung Arabia. Orang-orang Badui biasa hidup dari kurma selama bertahun-tahun lamanya sebelum mereka menemukan minyak.

Orang-orang Arab mengaitkan konotasi budaya dengan kurma, terutama dengan nilai-nilai paling dihormati di Arab yakni rasa terima kasih, kedermawanan, dan masih banyak lagi.

Beberapa orang bahkan menganggap kurma sebagai buah suci. Kurma juga hamper selalu disajikan pada ramu sebagai bagian dari keramahan tuan rumah di setiap rumah di Arab.

Kurma juga disebutkan di Qur’an. Umat Muslim disarankan untuk membatalkan puasa saat bulan Ramadan dengan beberapa buah kurma karena Nabi Muhammad S.A.W biasa melakukan itu.

Berdasarkan Qur’an, Allah meminta Maryam untuk makan kurma selama proses kelahiran Nabi Isa ketika beliau menderita sakit selama melahirkan.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/20/180235227/10-jenis-kurma-yang-bisa-kamu-temukan-di-timur-tengah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke