Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hotel, Restoran, dan Maskapai Penerbangan Sumbang APD untuk Tenaga Medis Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com – Tenaga medis adalah garda terdepan yang membantu dalam menangani dan mencegah pandemi corona (Covid-19) semakin merebak.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (21/4/2020), Indonesia sudah mengonfirmasi 6.760 kasus positif virus corona.

Merebaknya virus corona membuat hampir seluruh industri pariwisata dan industri kuliner di dunia terkena dampaknya. Tak terkecuali Indonesia.

Kendati demikian, beberapa pelaku kedua industri tersebut tidak tinggal diam. Mulai dari hotel, restoran, hingga maskapai penerbangan turut membantu tenaga medis virus corona.

Berikut daftar pelaku industri pariwisata dan industri kuliner yang menyalurkan berbagai macam bantuan yang telah Kompas.com rangkum:

Tauzia Hotels

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, jaringan Tauzia Hotels membantu memberikan dukungan kepada tenaga medis dan pekerja kesehatan di rumah sakit dengan mendistribusikan makanan siap saji.

Pendistribusian tersebut dilakukan ke beberapa rumah sakit terpilih di seluruh Indonesia.

Sejak Maret 2020, beberapa properti dalam jaringan hotel tersebut sudah mengirimkan makanan siap santap kepada dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya.

Sejauh ini, tim hotel telah mengirimkan paket makanan tersebut ke 12 rumah sakit di 10 kota di Indonesia yaitu Surabaya, Semarang, Solo, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Pekanbaru, Batam, Denpasar, dan Badung (Bali).

Sementara itu, beberapa rumah sakit yang menerima paket makanan tersebut di antaranya adalah RSUD Dr. Soetomo di Surabaya, RS Ken Saras di Semarang, dan RS Moewardi di Surakarta.

Selanjutnya RSUD Ulin di Banjarmasin, RS Soedarso di Pontianak, RSU AQ Sjahranie di Samarinda, RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru, RS BP di Batam, dan RS Sanglah di Bali.

Perwakilan tim karyawan hotel yang mengantarkan makanan dilengkapi dengan masker wajah, sarung tangan, dan hand sanitizer.

Mereka juga diwajibkan untuk mencuci tangan secara berkala sebelum dan sesudah melakukan kegiatan tersebut.

Swiss-Belboutique Yogyakarta

Beberapa rumah sakit di Yogyakarta, baik yang menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien virus corona maupun tidak, mengalami kesulitan dalam penyedian alat pelindung diri (APD).

Swiss-Belboutique Yogyakarta, dalam siaran pers yang Kompas.com terima, menuturkan bahwa mereka bekerja sama dengan PT. Blue Bird Tbk, Yayasan Sekar Arum Sejati Yogyakarta, dan PH&H Public Policy Interest Group untuk menyumbangkan bantuan 1.000 APD bagi tenaga medis di rumah sakit di Yogyakarta.

Pada Senin (20/4/2020), mereka melakukan serah terima bantuan 1.000 APD kepada 10 rumah sakit terpilih di Pandawa Ballroom, Swiss-Belboutique Yogyakarta.

APD tersebut dibagikan secara merata kepada seluruh perwakilan rumah sakit terpilih yang hadir.

McDonald’s Indonesia

Melalui siaran pers yang Kompas.com terima, sebanyak hampir 5.000 paket makanan dan minuman telah didonasikan kepada para petugas penanggulangan virus corona yang berada di lebih dari 50 titik lokasi di Jabodetabek, dan daerah lainnya di Indonesia.

Bantuan tersebut diberikan kepada beberapa rumah sakit rujukan virus corona yang berada di kota-kota dengan tingkat urgensi tinggi, serta petugas di area check point.

Bantuan tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih atas pengorbanan, dedikasi, serta kerja keras yang mereka lakukan tanpa kenal lelah.

Dalam pemberian donasi tersebut, McDonald’s Indonesia bekerja sama dengan REKSO Group lainnya yaitu Sinar Sosro, Gunung Slamat, dan Yayasan Ronald McDonalds House Charities (RMHC).

Dalam kerja sama tersebut mereka menyalurkan bantuan berupa APD seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer, dan pakaian pelindung diri bagi tenaga medis di beberapa rumah sakit rujukan di Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Penyaluran donasi yang dilakukan oleh McDonald’s Indonesia dilakukan secara bertahap sejak 23 Maret 2020 dan akan terus dilakukan hingga pandemi berakhir.

Maskapai Penerbangan AirAsia dan Kopi Jujur

Bekerja sama dengan Kopi Jujur, AirAsia dalam siaran pers yang Kompas.com terima menyumbangkan ratusan cangkir kopi kepada tenaga medis yang bertugas menanggulangi virus corona di RSUD Cengkareng.

Bantuan tersebut dilakuan guna mendukung “Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis” bagi para pejuang medis di garda terdepan.

Aksi tersebut merupakan buntut dari donasi AirAsia berupa 800 hot paper cup dan 20 kg biji kopi yang diserahkan kepada Kopi Jujur selaku inisiator untuk kemudian diolah menjadi sajian kopi jahe dan kopi tubruk khas Indonesia.

Dalam “Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis”, mereka memberikan donasi untuk dokter, suster, tenaga medis, tenaga kesehatan, dan staf rumah sakit berupa kopi hangat yang menggunakan 100 persen kopi asli Indonesia dan aman dikonsumsi.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/21/171100527/hotel-restoran-dan-maskapai-penerbangan-sumbang-apd-untuk-tenaga-medis-covid

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke