Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Es Blewah untuk Hidangan Takjil dan Tips Memilih Blewah

Untuk membuat es blewah segar di rumah cukup mudah. Kamu perlu memilih blewah dengan karakteristik yang baik.

Chef Solihin sebagai Corporate Pastry Chef di GROUP Warung pasta, Locarasa & NUSA Indonesia Gastronomi menjelaskan bahwa blewah masih sejenis dengan melon. Sehingga pemilihan blewah yang baik seperti memilih melon.

“Memilih blewah sama seperi halnya kita memilih buah melon, pilih yang sudah matangnya cukup. Kalau saya lebih suka yang agak keras, tapi ada juga yang lebih suka yang soft,” jelasnya kepada Kompas.com, Sabtu (25/04/2020).

Ia mengatakan bahwa keras lembutnya tekstur blewah dapat dipilih tergantung selera. Namun ia menyarankan memilih yang agak keras, karena kadar glukosanya lebih rendah dibanding dengan yang lebih matang.

Blewah lebih nikmat jika diolah menjadi aneka minuman yang menyegarkan. Es blewah segar dapat menjadi sajian takjil yang menyegarkan. Berikut resep membut es blewah dan sop buah blewah :

1. Es blewah

Dalam buku “Seri Penganan Jadul Tetap Favorit Aneka Es” (2013) oleh Tim Ide Masak, yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama menjelaskan cara sederhana membuat es blewah.

Berikut bahan yang diperlukan untuk membuat es blewah :

- 250 gram blewah matang, belah dua, keruk halus bagian dagingnya
- 1 butir kelapa muda, keruk kasar bagian dagingnya, jika suka
- 800 ml air matang
- 6 sdm sirop merah (campolay)
- Es batu secukupnya, memarkan

Cara membuat es blewah

Langkap pertama cara membuat es blewah ialah siapkan gelas atau mangkuk saji. Masukkan daging blewah dan kelapa muda, jika suka. Tambahkan air matang dan sirup. Lalu bisa langsung sajikan segera dengan es batu di atasnya.

Jangan lupa untuk mengambil sari buah blewahnya setelah daging dikeruk dan campurkan saat disajikan. Daging kelapa muda merupakan bahan opsional sehingga boleh digunakan maupun tidak.

2. Sop buah blewah

Dalam buku “Resep Sop Buah” (2011), karya Tim Ide Masak yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama menjabarkan resep membuat kreasi minuam es blewah.

Selain es blewah yang sederhana, kamu juga bisa membuat kreasi blewah menjadi sop buah. Untuk membuat sop buah blewah, bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

- 500 gram buah blewah
- 250 gram anggur hijau, yang telah dibelah 2 dan dibuang bijinya
- 100 gram stroberi, potong-potong
- 250 gram nata de coco
- Sirup vanili secukupnya
- Susu kental manis secukupnya
- Es batu secukupnya

Langkah membuat sop blewah

Langkah pertama membuat sop blewah adalah belah blewah, kumpulkan dalam satu wadah lalu peras hingga terkumpul sarinya.

Serut daging blewah lalu campurkan dengan anggur, nata de coco, stroberi dan sari blewah. Jika sudah tambahkan susu kental manis, sirup, dan es batu, lalu siap disajikan.

Buku “Resep Sop Buah” (2011), karya Tim Ide Masak yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama dan buku “Seri Penganan Jadul Tetap Favorit Aneka Es” (2013) oleh Tim Ide Masak, yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli di Gramedia.com.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/26/171700727/resep-es-blewah-untuk-hidangan-takjil-dan-tips-memilih-blewah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke