Salin Artikel

Siap-siap Bikin Es Teh untuk Hidangan Takjil, Ini Rahasia Membuat Teh Enak

JAKARTA, KOMPAS.com - Meneguk secangkir es teh manis saat berbuka merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Sajian es teh manis yang sederhana bisa terasa sangat istimewa.

Namun saat membuat es teh atau varian teh lain ada hal yang harus diperhatikan agar dapat menyajikan teh dengan karakter rasa teh yang kuat dan nikmat.

Pakar teh, Ratna Somantri, membagikan tips dalam mengolah teh agar terasa semakin nikmat.

“Kriteria es teh yang enak itu, teh dan bahan-bahan lainnya harus menjadi satu kesatuan rasa yang pas tidak ada yang sangat menonjol,” jelas Ratna, saat dihubungi oleh Kompas.com, Sabtu (25/4/2020).

Ratna mencontohkan kreasi teh yang menonjolkan satu rasa adalah es teh yang terlalu manis atau asam atau ada satu aroma yang terlalu kuat menutupi bahan yang lain.

Saat membuat es teh atau kreasi lainnya, usahakan karakter rasa tehnya juga masih bisa kita rasakan. Ketika membuat kreasi teh yang perlu disiapkan adalah teh dengan kualitas yang baik.

“Pilih teh yang kualitasnya baik, teh daun lebih baik dari teh celup, pilih teh yang punya karakter medium untuk es teh dengan campuran buah,” jelasnya

Sebagai contoh teh melati, teh hijau Indinesia, teh hitam yang berbentuk daun utuh.

Selain itu pilih teh yang punya memiliki kuat untuk teh susu. Sebagai contoh teh yang cocok untuk olahan teh susu adalah teh hitam, CTC atau yang broken grade.

“Lalu jangan gunakan teh yg karakternya lembut seperti white tea untuk buat es teh,” jelas Ratna Somantri.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/27/161200327/siap-siap-bikin-es-teh-untuk-hidangan-takjil-ini-rahasia-membuat-teh-enak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.