Salin Artikel

AirAsia Philippines Luncurkan APD Bak Pebalap F1 untuk Kru Kabin

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan AirAsia mengeluarkan alat pelindung diri (APD) berwarna merah bagi para kru kabin sembari bersiap-siap kembali ke udara.

Melansir Manila Standard, Senin (27/4/2020), APD tersebut dirancang tidak hanya untuk menjaga penumpang dan kru kabin, melainkan juga untuk memastikan kenyamanan kru kabin.

Perusahaan penerbangan tersebut menuturkan bahwa penyesuaian dan rancangan APD dilakukan agar kru kabin bisa bergerak dengan leluasa selama penerbangan.

“Ini merupakan tanggung jawab masing-masing untuk memperlambat penyebaran virus corona (flatten the curve)," tutur Vice Chair AirAsia Philippines dan Majority Stakeholder, Sheila Romero, mengutip Manila Standard.

"Saya memilih bahan APD yang disetujui oleh Departemen Kesehatan untuk melindungi Allstar (karyawan AirAsia) kami,” jelasnya.

Romero menyebutkan pada saat yang bersamaan, APD juga didesain untuk menunjukkan kebanggaan AirAsia bangkit dari pandemi virus corona.

Romero juga mengatakan bahwa dia ingin meningkatkan moral staf saat mereka mengenakan seragam baru tersebut.

APD berwarna merah tersebut didesain oleh desainer Filipina yang berada di Los Angeles, Puey Quinones. APD dibuat dengan bahan yang kuat namun pengguna masih bisa bernapas.

“Saya membandingkannya dengan berbagai kain yang telah disetujui oleh Departemen Kesehatan. Kami bahkan telah melakukan tes ketahanan,” kata Romero.

Dia melanjutkan bahwa APD tersebut nyaman untuk digunakan karena tidak terlalu tebal dan berat. Bahannya sesuai dengan desainnya yang keren dan sporty.

“Mirip seperti apa yang dikenakan oleh pembalap mobil F1. Perpaduan mode dan keamanan akan menentukan standar baru dalam penerbangan saat ini,” tutur Romero.

AirAsia Philippines akan meminta kru kabin untuk mengenakan APD di semua penerbangan domestik dan internasional.

Dengan Safety Always Policy, seluruh anggota kru AirAsia Philippines saat ini bisa melakukan perjalanan dengan kesehatan yang terjamin.

APD AirAsia Philippines diluncurkan pada Jumat (24/4/2020) lalu dalam penerbangan pemulihan khusus (repatriasi) dari Bangkok ke Manila.

Penerbangan tersebut membawa lebih dari seratus warga Filipina.

Pesawat Z2 8286 terbang dari Don Mueang International Airport pada pukul 12.00 waktu setempat, dan tiba di Ninoy Aquino International Airport di Manila pada 16.25 waktu setempat.

“Kami merasa terhormat dapat membantu kababayan (sesama warga Filipina) kembali dengan selamat ke Filipina. Pilot dan kru kabin kami telah melayani sesama warga Filipina walaupun berisiko,” kata Romero.

AirAsia Philippines berharap dapat meningkatkan penerbangan repatriasi melalui koordinasi dengan pemerintah setempat dan kedutaan asing.

"Ini merupakan kesempatan untuk melayani negara, dan saya yakin bahwa lebih banyak Allstar akan mengindahkan panggilan tersebut,” lanjutnya.

AirAsia mengatakan bahwa keselamatan dan kesejahteraan para tamu dan karyawannya merupakan prioritas utama.

Maskapai penerbangan tersebut juga menuturkan bahwa mereka telah mematuhi saran dan peraturan dari pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil, badan kesehatan setempat dan global, termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO).

https://travel.kompas.com/read/2020/04/28/030700927/airasia-philippines-luncurkan-apd-bak-pebalap-f1-untuk-kru-kabin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.