Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Steak Sandwich, Resep untuk Buka Puasa Praktis dengan Makanan ala Barat

JAKARTA, KOMPAS.com  - Bosan dengan sajian buka puasa yang itu-itu saja? Coba buat Steak Sandwich. Hidangan ini hasil kreasi dari Executive Chef GH Universal Hotel Bandung sekaligus Ketua Indonesian Chef Association Jawa Barat, Anton Kuswendi.

Dengan sajian ini kamu bisa menghidangkan makanan bernuansa western layaknya hidangan di hotel saat berbuka puasa di rumah.

Resep dan cara membuat Steak Sandwich sudah ditampilkan dalam demo masak di sesi #MasakdiRumahAja yang berlangsung di Live Instagram @kompas.travel. 

"Hidangan ini juga ada di hotel kami, Steak Sandwich salah satu menu spesial di GH Universal Hotel Bandung," katanya dalam sesi #MasakdiRumahAja, Selasa (28/4/2020).

Bagi yang ketinggalan, berikut bahan dan cara membuat Steak Sandwich ala GH Universal Hotel Bandung:

Bahan:

  • 2 pcs roti tawar atau ciabata
  • 1 butir telur
  • 1 lembar keju
  • Selada, timun ,tomat secukupnya
  • Saus tomat
  • Saus mayonaise
  • Garam
  • Merica
  • Rosemary
  • 110 gram kentang goreng

Cara membuat Steak Sandwich

"Langkah pertama membuat Steak Sandwich adalah dengan membumbui tenderloin dengan garam, merica dan sedikit rosemary," jelas Anton.

Setelah itu bisa lanjut dengan grill atau pan daging yang sudah dibumbui sampai matang atau sesuai selera tingkat kematangan.

Kalau untuk Steak Sandwich disarankan tingkat kematangannya well done, atau dibilang tingkat kematangan yang menyeluruh. Jika sudah sisihkan.

Dengan waktu bersamaan goreng kentang yang sudah dipotong, lalu sisihkan.

Selanjutnya dalam pan atau teflon panaskan roti dengan memakai margarin hingga berwarna agak coklat, panggang roti jangan terlalu gosong.

Kemudian goreng telur ceplok setengah matang. Setelah masak bersiap untuk menyusun sandwich.

Susunan pertama adalah roti yang sudah diolesi dengan saus tomat dan mayonaise. Kemudian taruh selada, irisan tomat, dan, timun di atas roti.

Lalu tumpuk dengan terdenloin yang telah matang dan diatasnya di berikan telur. Terakhir taruh keju dan tutup dengan lembaran roti satunya.

Berikan kentang goreng di samping sandwich. Jika sudah Steak Sandwich siap disajikan.

Live cooking yang berlangsung pada Selasa, (28/4/2020) memperlihatkan Anton mempraktekan cara membuat Steak Sandwich, Toast Boba, dan minuman herbal.

Konten ini merupakan kerja sama Kompas Travel dengan GH Universal Hotel Bandung dalam program #MasakdiRumahAja.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/29/165221127/steak-sandwich-resep-untuk-buka-puasa-praktis-dengan-makanan-ala-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke