Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puasa di Islandia Saat Corona: Tidak Ada Ibadah di Masjid dan Buka Bersama Makanan Khas Nusantara

Asti, WNI yang tinggal di Islandia, mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com.

Sebelum pandemi Covid-19, Asti bercerita, biasanya para laki-laki jemaah shalat maghrib, buka puasa bersama, mengaji lanjut isya, dan tarawih di masjid.

"Sekarang karena pandemi seperti halnya di seluruh dunia, segala kegiatan berkumpul dilarang," kata Asti saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Selain itu, Asti mengatakan, info lain yang didapat untuk hal-hal yang dilarang selama Ramadhan pada masa Covid-19 yaitu tidak ada iktikaf di masjid.

Hal lain yang dirasakan oleh Asti adalah tidak adanya pengajian oleh ibu-ibu komunitas Indonesia selama masa pandemi.

"Biasanya kan sebelum pandemi, ibu-ibu komunitas Indonesia di Islandia pengajian tiap bulan. Ini enggak ada di Ramadhan sekarang," tambahnya.

Hal yang semakin membuat dirinya sedih dan rindu dengan momen-momen suasana Ramadhan sebelum Covid-19 yaitu momen buka puasa bersama.

Kata dia, di Islandia biasa ada waktu berbuka puasa bersama dan semua WNI di Islandia akan berkumpul dengan membawa jajanan atau hidangan khas Nusantara.

"Karena Covid-19, sejak Maret 2020 udah stop pengajian dan enggak ada buka puasa bersama Ramadhan ini," kenangnya.

Hal ini ia yakinkan karena hingga kini tak ada penambahan kasus virus corona di sana.

Asti menuturkan, mulai 4 Mei 2020, Islandia akan memperlonggar aturan yang ada selama masa pandemi karena sudah tidak ditemukan kasus baru tertular corona.

"Mungkin karena penduduk sedikit, sehingga mudah dikendalikan, jadi 4 Mei nanti, semua sekolah buka normal, termasuk setingkat SMA atau college, dan universitas yang tadinya tutup," jelasnya.

Tak hanya itu, salon dan restoran diperkirakan akan kembali membuka operasionalnya pada 4 Mei.

Menurut Asti, Pemerintah Islandia tetap menganjurkan prosedur atau SOP kesehatan Covid-19, yaitu boleh berkumpul maksimal 50 orang.

Namun, masjid akan tetap ditutup selama bulan Ramadhan yang berarti tidak ada shalat Jumat, tarawih, shalat wajib, dan buka puasa, hingga iktikaf atau berdoa sendiri di masjid kali ini.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/30/082000827/puasa-di-islandia-saat-corona-tidak-ada-ibadah-di-masjid-dan-buka-bersama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke