Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Istana Nurul Iman Brunei Darussalam, Istana Tinggal Terbesar di Dunia

KOMPAS.com – Istana Nurul Iman yang terletak di Brunei Darussalam merupakan istana tinggal terbesar di dunia yang berhasil masuk dalam Guiness World Records.

Merupakan tempat tinggal resmi keluarga sultan Brunei ke-29, istana tersebut mencakup 200,000 m² dan memiliki 1.788 kamar.

Mengutip laman resmi Guiness World Records, Istana Nurul Iman juga memiliki 257 kamar mandi, dan ruang perjamuan untuk 5.000 tamu.

Selanjutnya ada garasi dengan kapasitas 110 mobil, kandang kuda ber-AC dengan kapasitas 200 kuda, dan lima kolam renang.

Tidak hanya bangunan istananya yang luas, mengutip Istananuruliman.org, masjid di dalam areanya bisa menampung hingga 1.500 orang. Selanjutnya, istana tersebut juga memiliki helipad dan lebih dari 250 kamar mandi.

Bahkan, menurut Lonely Planet, istana tersebut memiliki gagang pintu emas.

Jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari Ibu Kota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan. Bangunan tersebut merupakan bangunan putih besar dengan kubah emas dan menara yang menghiasinya.

Saking besarnya Istana Nurul Iman, kamu bisa melihatnya dari Taman Persiaran Damuan. Mulai dari atapnya yang melengkung, hingga kubah emasnya yang menjulang di antra pepohonan.

Jika kamu tengah menyusuri Sungai Brunei, kamu juga bisa melihat pemandangan istana yang menakjubkan tersebut.

Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek asal Filipina, Leandro V. Locsin. Sementara desain interior dirancang oleh arsitek asal Inggris, Khuan Chew.

Sementara istana dibangun oleh Ayala Corporation dan memakan biaya lebih kurang 1,4 miliar dollar AS, setara dengan Rp 21 triliun.

Besarnya istana tersebut melebihin Istana Versailles dan Istana Buckingham. Istana Nurul Iman terletak di pinggir Sungai Brunei.

Gaya arsitektur dan dekorasi yang mewah

Dalam mendesain eksterior istana tersebut, Locsin mencoba untuk menggabungkan tradisi arsitektur Islam dan Melayu Brunei.

Sementara arsitektur dari tempat tinggal sultan adalah perpaduan antara arsitektur Eropa dan Melayu tradisional.

Kendati Istana Nurul Iman memiliki desain arsitektur tradisional, namun dekorasi di dalamnya sangat mewah.

Beberapa bahan-bahan yang digunakan dalam dekorasi istana tersebut antara lain adalah marmer Italia, granit Shanghai, kaca Inggris, dan sutra terbaik asal China.

Emas dan marmer merupakan bahan dekorasi utama Istana Nurul Iman. Sebanyak 38 jenis marmer yang berbeda digunakan untuk dekorasi interior. Bahkan terdapat 44 tangga yang terbuat dari marmer.

Selain itu, setiap tahunnya pada Hari Raya Idul Fitri, Istana Nurul Iman membuka pintunya untuk umum selama tiga hari.

Orang-orang yang berkunjung bisa masuk secara gratis dan melihat-lihat beberapa area yang diperuntukkan untuk umum.

Beberapa di antaranya adalah ruang untuk menerima tamu negara, beberapa ruang pertemuan, dan galeri lukisan.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/02/185800727/mengenal-istana-nurul-iman-brunei-darussalam-istana-tinggal-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke