Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Spaghetti Baby Squid Chili, Hidangan Buka Puasa ala Hotel Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com  - Kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan menu buka puasa, tapi mau hidangan nikmat dan lengkap?

Kamu bisa mencoba membuat Spaghetti Baby Squid Chili untuk hidangan yang pas untuk berbuka. Hidangan ini hanya perlu dimasak dalam waktu 15 menit.

Bersama Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kompas.com Travel  mengadakan program sesi #MasakdiRumahAja yang juga berlangsung di Live Instagram @kompas.travel.

Dalam sesi ini, Eksekutif Chef Suwanta dan Chef de Cuisine Grace Titaheluw dari Hotel Four Points by Sheraton Makassar, dua menu, salah satunya Spaghetti Baby Squid Chili.

Bagi yang ketinggalan jangan khawatir, kamu bisa melihat resepnya dan mempratekannya di rumah.

"Hidangan ini ciri khas masakan Makasar, karena rasa rempahnya yang kuat, lalu ada segarnya seafood," Eksekutif Chef Suwanta, dalam Live Instagram @kompas.travel, Jumat (1/5/2020).

Spaghetti Baby Squid Chili, merupakan kreasi masakan spaghetti yang dipadukan dengan bumbu pedas, rempah, dan cumi-cumi serta udang.

Berikut bahan yang harus disiapkan dalam memasak Spaghetti Baby Squid Chili :

Usahakan untuk mendapat tekstur al dente. Tekstur ini tidak terlalu matang atau kurang matang, sehingga benar-benar ada di titik pas.

"Jika memasak al dente pertama siapkan pancai dan taruh air sampai mendidih tambahkan minyak olive oli 1 sdm makan," kata Chef Suwanta.

"Baru masukan spaghetti selama 10 hingga 12 menit dari air mendidih, tambahkan garam 1 sdt , angkat dan tirirskan," lanjutnya.

Untuk pasta, kamu bisa memilih selain spaghetti, misalnya fusilli, fettucine, penne dan lain-lain. Bila spaghetti sudah matang sisishkan lalu siapkan bumbu.

  • Bumbu merah rempah

Spaghetti ini akan dimasak dengan racikan bumbu merah yang pedas dan rasa rempahnya yang kuat.

Untuk membuatnya pertama kamu siapkan bawang putih, cabai rawit, serai, jahe dan tomat.

Kamu bisa menghaluskan bahan tersebut dengan cara di-blender atau diuleg. Jika sudah, siapkan dalam satu wadah mangkok agar praktis dan bisa langsung ditumis bersama spaghetti

  • Memasak Spaghetti Baby Squid Chili

Untuk memasak Spaghetti Baby Squid Chili pertama, panaskan wajan lalu masukan minyak, jika sudah panas masukan bawang putih lalu tumis. Jika sudah wangi masukan cumi dan udang.

"Untuk dagingnya bisa pakai ayam, bisa pakai sapi lalu diiris tipis atau bisa digiling. Diganti dengan tuna juga bisa," jelas Chef Suwnta.

Setelah itu masukan dua sendok makan bumbu merah rempanya. Lanjutkan dengan memasukan kaldu ayam, dan masukan spaghettinya.

Aduk rata hingga semua bumbu tercampur menjadi satu.

Bumbui dengan garam, lada setelah itu masukan irisan daun kemangi dan daun jeruk. Aduk sembali hingga rata dan terakhir masukan perasan jeruk nipis.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/04/111800327/resep-spaghetti-baby-squid-chili-hidangan-buka-puasa-ala-hotel-mewah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke