Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cadangan Kas Kebun Binatang Sudah Habis, Butuh Bantuan Termasuk dari Dapur Hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang sedang terjadi membuat Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) mengharapkan bantuan dari seluruh pihak.

Bentuk bantuan yang diharapkan terutama makanan untuk disalurkan kepada seluruh hewan yang ada di kebun binatang.

Sekretaris Jenderal PKBSI, Tony Sumampau mengatakan saat ini kondisi kebun binatang di Indonesia sudah dalam tahap kehabisan uang atau cadangan kas perusahaan.

Kondisi ini terjadi sejak ditutupnya seluruh kebun binatang satu bulan belakangan.

"Untuk kebun binatang kecil atau yang ada di daerah saat ini kondisi kasnya sudah mentok daya tahannya. Jadi tinggal mengharapkan bantuan," kata Tony saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Sementara untuk kondisi Kebun Binatang Ragunan yang dikelola pemerintah DKI Jakarta, kata dia, masih terjamin karena APBD Pemerintah DKI mencukupi.

Pihak PKBSI memprediksi sebanyak 90 persen kebun binatang di Indonesia akan kewalahan, jika kondisi ini terus berlangsung hingga akhir Mei.

Saat ini, PKBSI baru bisa membantu kebun binatang Semarang atau Semarang Zoo untuk dapat bertahan hingga akhir Mei.

Tak hanya Semarang, lanjut Tony, pihaknya akan mengupayakan bisa membantu Medan Zoo atau kebun binatang Medan dengan menggunakan kas dari PKBSI.

Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana dengan kebun binatang yang lain, kata dia.

"Alhasil kami mengadakan semacam donasi yang hasilnya syukur-syukur dapat disalurkan kepada kebun binatang yang membutuhkan," ujarnya.

Adapun bantuan tersebut dapat disalurkan melalui program "Food For Animals" yang telah digalakkan melalui akun Instagram @pkbsi.

Selain program tersebut, Tony juga mengharapkan bantuan makanan dari hotel-hotel yang masih menyimpan stok.

Menurutnya hotel-hotel yang saat ini tutup, pasti memiliki stok daging yang banyak dan bisa digunakan untuk pakan binatang.

"Misalnya daging, sayur, buah kan hotel tutup. Kalau bisa disumbangkan saja ke kebun binatang agar mereka (binatang) bisa hidup," terangnya.

Hingga kini, PKBSI mengatakan sudah memberikan surat kepada Presiden Joko Widodo meminta bantuan makanan untuk binatang di kebun binatang.

"Karena usaha kebun binatang itu beda dari yang lain. Usaha ini enggak hanya untuk menghidupi manusia saja, ada hewan yang sama pentingnya untuk diberi makan," ujarnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/04/200300827/cadangan-kas-kebun-binatang-sudah-habis-butuh-bantuan-termasuk-dari-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke