Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Sereal Pancake, Tren Kuliner Baru yang Bisa Menggeser Dalgona Coffee?

KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan, munculnya hidangan unik menjadi sebuah tren tersendiri. Mulai dari cake tisu toilet, hingga dalgona coffee yang memiliki berbagai macam cara pembuatan.

Melansir Insider, Selasa (5/5/2020), saat ini terdapat tren hidangan baru yaitu pancake cereal (sereal pancake).

Hidangan tersebut telah menjadi kegemaran sendiri untuk dilakukan selama karantina yang mengambil alih TikTok dan Instagram.

Di TikTok sendiri melalui tagar #pancakecereal, kamu akan menemukan tampilan mangkuk yang dipenuhi oleh pancake kecil yang dibaluri sirup. Sebanyak 10,6 juta pengguna melihat tagar tersebut.

Menggunakan alat yang mudah

Kendati banyak orang menggunakan kantung plastik khusus berbentuk segitiga (piping bag) dan sebuah botol plastik dengan tutup mengerucut (squeeze bottle), tetapi beberapa orang membuat alat alternatif dari apa pun yang dapat mereka temukan di sekitar rumah.

Seorang artis TikTok bernama Melanie Locke memiliki video sereal pancake yang disukai oleh lebih dari 133.000 pengguna.

Dalam video tersebut, Locke memperlihatkan dirinya menggunakan sebuah botol plastik yang sudah dilubangi tutupnya untuk membuat pancake kecil.

“Saya tidak bisa menemukan botol saus di rumah. Namun teman saya memberi ide untuk membuatnya sendiri dengan botol air,” kata Locke kepada Insider.

Selain Locke, pengguna TikTok Sabrina Bui juga mengunggah video pancake sereal miliknya yang dibuat menggunakan jarum suntik plastik yang ditemukan dalam lemari obatnya.

Bui menuturkan bahwa dia terobsesi dengan tren tersebut.

“Menurut saya, ini memiliki rasa yang lebih baik dari pancake yang sebenarnya walaupun dibuat dengan cara yang sama,” kata Bui.

“Lebih menyenangkan untuk menyantapnya sebagai sereal. Saya rasa saya tidak akan kembali ke pancake setelah ini!” lanjutnya.


Ragam kreasi sereal pancake

Seorang pengguna Instagram bernama Valentina Mussi menambahkan meses warna-warni ke dalam adonan pancake.

Setelah diaduk dan dimasukkan ke dalam piping bag, dimasak, dan disajikan di dalam mangkuk, Mussi membalurinya dengan krim stroberi.

Tidak hanya itu, dia kembali menambahkan meses, mentega, dan susu stroberi. Melalui unggahannya di Instagram @sweetportfolio, Mussi menyebut sereal pancake miliknya sebagai Mini Birthday Pancake Cereal.

“Saya melihat tren ini beberapa pekan lalu di TikTok. Saya kemudian mulai melihatnya di Instagram, jadi saya tahu saya harus mengikutinya dan mengkreasikannya sendiri!” kata Mussi.

“Saya selalu menjadi penggemar berat kue ulang tahun dan meses. Jadi saya tahu saya harus membuat versi ini sendiri,” tambahnya.

Mereka meremukkan Oreo O dan mencapurnya dengan coklat bubuk Hershey’s ke dalam adonan. Hal tersebut dilakukan agar mereka memiliki pancake Oreo kecil.

Selain dua bahan tersebut, mereka juga menggunakan pewarna makanan dan sereal Lucky Charms untuk menciptakan pancake unicorn.

Tidak hanya sereal pancake, Shay dan Steph melalui unggahannya di Instagram @soflofooodie juga membuat sereal waffle dengan cara yang sama.

Sama seperti Mussi, mereka menuturkan kepada Insider bahwa mereka mengikuti tren tersebut setelah melihatnya di TikTok.


Jika kamu ingin membuat sereal pancake di rumah, Mussi merekomendasikan penggunaan piping bag atau squeeze bottle apabila memungkinkan.

“Hindari penambahan topping besar ke dalam adonan seperti coklat chip. Mereka akan menyebabkan penyumbatan. Sebaiknya taburkan coklat chip di atas,” tutur Mussi.

Dia juga menyarankan untuk memasak adonan pancake di suhu medium-low dan menggunakan minyak kanola dan bukan mentega. Dengan begitu, adonan tidak akan mudah gosong.

“Kami lebih menyukai sereal pancake karena kami tidak pernah bisa menghabiskan setumpuk besar pancake biasa. Ini membuat pancake lebih mudah untuk dinikmati,” kata Shay dan Steph.

Sementara itu, Locke mengatakan bahwa pancake biasa merupakan salah satu dari hidangan kesukaannya.

Namun dia tidak menampik bahwa pancake kecil memiliki rasa yang lebih lezat.

“Mungkin ini karena adanya upaya tambahan (dalam membuatnya)”, kata Locke.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/06/161600227/viral-video-sereal-pancake-tren-kuliner-baru-yang-bisa-menggeser-dalgona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke