Salin Artikel

Tips Masak Ayam: Cara Pilih hingga Tingkat Kematangan ala Chef Vindex

Untuk bisa mendapatkan daging ayam yang baik, ada beberapa tips dari Chef Vindex Tengker yang mungkin bisa kamu ikuti.

Cara Pilih Ayam Segar

Menurut Chef Vindex, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah warna dari ayam tersebut.

“Ayam yang segar ketahuan, warnanya adalah pink dan tidak banyak putihnya,” jelas Chef Vindex dalam sesi Live Instagram Kompas.com Travel besama Le Meridien Jakarta dalam sesi di @kompas.travel, Senin (4/5/2020).

Ayam yang segar warnanya akan merah muda dan hampir tidak ada bagian putih. Bagian putih tersebut biasanya bisa kamu temukan ketika daging ayam sudah masuk ke kulkas frozen.

Selain itu bau dari ayamnya pun akan khas daging ayam segar, bukan bau amis. Daging ayam yang sudah berbau berarti daging ayamnya sudah tidak segar lagi.

Tekstur daging ayam pun bisa kamu perhatikan. Tekstur daging ayam segar akan terasa kenyal dan jika dipegang tidak lembek dan berair.

Cara Memastikan Ayam Matang

Selanjutnya jika kamu sudah bisa memilih daging ayam yang segar, waktunya memasak ayam.

Ayam jadi salah satu unggas yang bisa kamu masak dengan beragam cara dan bumbu. Ayam bisa digoreng, dibakar, direbus, dikukus, juga dipanggang.

Satu yang pasti saat memasak ayam, dagingnya harus matang sempurna. Daging ayam tidak seperti daging sapi yang punya beragam tingkat kematangan.

"Kalau ayam jangan sampai undercooked (kurang matang). Karena kalau undercooked ayam itu mengandung bakteri salmonella dan dia bisa mematikan,” papar Chef Vindex.

"Makanya tidak boleh (kurang matang) dan harus hati-hati. Orang bilang kalau ayam itu harus dimasak sampai panasnya 73 derajat supaya matang,” lanjutnya.

Untuk mengecek apakah ayam sudah matang sempurna, kamu bisa menggunakan termometer dapur dengan menusukkannya pada daging ayam yang agak tebal.

Jika sudah menunjukkan suhu yang sesuai, maka ayam tersebut kemungkinan besar sudah matang.

Selain itu, kamu juga bisa mengeceknya dengan menusukkan pisau pada daging. Jika cairan yang keluar berwarna bening, berarti daging tersebut sudah matang.

Biasanya ayam akan matang dalam waktu 45 menit sampai satu jam. Durasi kematangan tersebut bergantung pada ukuran daging ayam yang kamu masak.

Semakin besar ayamnya, maka akan semakin lama ayam akan matang.

Warna daging ayam yang sudah matang juga akan berwarna putih dan terlihat juicy, tidak kering. Jika kering artinya daging ayam terlalu matang.

Jika daging masih berwarna kemerahan dan bahkan masih mengeluarkan darah, maka daging tersebut masih kurang matang.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/07/102500427/tips-masak-ayam--cara-pilih-hingga-tingkat-kematangan-ala-chef-vindex

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.