Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menyimpan Nasi di Kulkas agar Tidak Mudah Basi, Perhatikan Tekstur Nasi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Kamu punya nasi sisa? Jangan asal menyimpannya. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat menyimpan nasi agar tidak mudah basi.

Frederick D. Turambi, Executive Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta membagikan tips bagaimana cara menyimpan nasi agar tidak basi.

Pertama-tama saat hendak menyimpan nasi lihat terlebih dahulu tekstur nasi.

Apakah nasi tersebut adalah nasi pulen yang memiliki kadar air tinggi dan cenderung lembek. Atau, nasi yang memiliki kadar air sedikit dan teksturnya agak kering, biasanya nasi ini digunakan untuk membuat nasi goreng.

Nasi pulen lebih tinggi potensinya untuk basi daripada nasi bertekstur kering.

"Kalau nasi pulen bisa simpan di freezer, karena kalau kita simpan di freezer, nasi pulen tidak mudah basi. Jika nasi yang kadar airnya rendah kamu bisa menyimpannya di chiller," jelas Chef Frederick kepada Kompas.com, (10/5/2020).

Menyimpan nasi dalam frezeer atau chiller harus menunggu nasi memiliki suhu ruangan.

Tidak disarankan memasukkan nasi panas ke dalam frezeer atau chiller. Pasalnya nasi dapat mengeluarkan uap dan akan menimbun bintik-bintik air di bagian tutup nasi. Butiran uap air itu yang akan menyebabkan nasi cepat basi.

Setelah itu kamu bisa memasukkannya ke dalam wadah plastik atau mangkuk dan di-wrap bagian atasnya. Pastikan nasi disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Jika disimpan di dalam chiller atau frezeer, nasi bisa bertahan selama satu malam, setelah itu disarankan untuk segera dikonsumsi.

Sementara itu, ada pula orang yang menyimpan nasi dalam termos nasi. Hal tersebut tidak disarankan, sebab bisa merusak kualitas nasi. Selain itu nasi juga sebaiknya jangan disimpan dalam rice cooker.

"Kalau sekarang misalkan kita menyimpan nasi seperti itu biasanya tidak bisa terlalu lama. Sebab nanti warnanya akan berubah, lalu juga kalau sudah disimpan dalam tempat yang terlalu panas seperti itu dia kan mengeluarkan bau yang lain," papar Chef Frederick.

Kamu bisa menyimpan nasi dalam rice cooker maksimal selama 3 jam, setelah itu kualitas nasi akan menurun.

Nasi juga tidak disarankan disimpan di ruangan terbuka, karena akan ada bakteri yang hinggap.

Hindari pula memanaskan nasi berkali-kali. Sebab jika sudah dibekukan lalu dipanaskan dan dibekukan kembali, maka tekstur nasi akan berubah dan kualitas menurun.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/10/101000927/tips-menyimpan-nasi-di-kulkas-agar-tidak-mudah-basi-perhatikan-tekstur-nasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke