Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik Tetap Dilarang, Ini Cara Refund Tiket Pesawat pada 6 Maskapai Penerbangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengizinkan operasional moda transportasi dengan pembatasan kriteria penumpang. Ia juga menegaskan tetap melarang adanya mudik Lebaran 2020.

"Dimungkinkan semua angkutan udara, kereta api, laut, bus untuk kembali beroperasi dengan catatan satu, harus menaati protokol kesehatan," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V secara virtual, Rabu (6/5/2020).

"Rencananya operasinya mulai besok, pesawat dan segala macamnya dengan orang-orang khusus, tapi enggak ada mudik," tambahnya.

Untuk itu, bagi penumpang yang berencana mudik Lebaran 2020 tetap dilarang. Terkait refund tiket maskapai penerbangan, calon penumpang bisa melakukan refund ke masing-masing maskapai.

Namun, pengembalian pembelian tiket tidak berbentuk uang tunai. Hal tersebut disampaikan Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto saat teleconference dengan wartawan, Kamis (23/4/2020).

"Airlines tidak ada kewajiban kembalikan uang cash, tapi dalam voucher yang 100 persen sama nilainya dengan yang sudah dikeluarkan,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto saat teleconference dengan wartawan, Kamis (23/4/2020).

Berikut daftar 6 maskapai penerbangan yang menerapkan kebijakan refund terkait larangan mudik Lebaran 2020:

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengeluarkan kebijakan fleksibilitas bagi calon penumpang di masa pandemi virus corona. Salah satunya adalah keleluasaan penggantian jadwal untuk penumpang.

"Kami berikan keleluasaan bagi Anda untuk mengganti jadwal penerbangan hingga tiga kali tanpa dikenakan biaya administrasi," kata Humas Garuda Dicky melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

Berdasarkan situs resmi Garuda Indonesia, terdaftar syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan calon penumpang untuk bisa mendapat penawaran kebijakan fleksibilitas.

Pertama, periode pemesanan berlaku mulai 17 Maret 2020 hingga 30 April 2020 untuk periode perjalanan hingga 30 Juni 2021.

Selain itu, periode bebas biaya administrasi untuk perubahan jadwal hingga 30 September 2020. Tiket berlaku hingga 30 Juni 2021 dan tidak dapat digunakan setelah tanggal tersebut.

Berlaku untuk seluruh penerbangan Garuda Indonesia, baik domestik maupun internasional kecuali rute Timur Tengah dan penerbangan interline.

Kebijakan ini juga berlaku untuk tiket sekali jalan dan pulang pergi. Ketentuan lainnya yaitu berlaku untuk tiket perorangan dan grup dengan jumlah penumpang paling sedikit 10 orang dalam satu kode booking.

Penawaran ini berlaku di seluruh channel penjualan tiket Garuda Indonesia yaitu melalui website, aplikasi GIA Mobile, kantor penjualan Garuda Indonesia, contact center, dan agen perjalanan online maupun offline.

Kebijakan penalti

Perubahan untuk rute atau kelas kabin yang sama

  1. Bebas biaya administrasi hingga tiga kali perubahan sampai dengan 30 September 2020 (hingga proses reissued selesai)
  2. Perbedaan harga dan pajak tiket tidak dikenakan.
  3. Untuk pemesanan grup, total penumpang di pemesanan baru harus sama dengan pemesanan sebelumnya
  4. Untuk perubahan keempat atau perubahan yang dilakukan setelah tanggal 30 September 2020, maka akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan subclass
  5. Hubungi Contact Center Garuda Indonesia untuk proses ini di 0804 1 807 807 atau 021 2351 9999, atau live chat

Perubahan untuk rute atau kelas kabin yang berbeda

  1. Bebas biaya administrasi hingga tiga kali perubahan sampai dengan 30 September 2020 (hingga proses reissued selesai).
  2. Perbedaan harga dan pajak tiket dibebankan kepada pelanggan
  3. Untuk pemesanan grup, total penumpang di pemesanan baru harus sama dengan pemesanan sebelumnya
  4. Untuk perubahan keempat atau perubahan yang dilakukan setelah tanggal 30 September 2020, maka akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan subclass
  5. Hubungi Contact Center Garuda Indonesia untuk proses ini di 0804 1 807 807 atau 021 2351 9999, atau live chat

Refund

  1. Pelanggan tidak dikenakan biaya refund
  2. Refund hanya dapat ditukarkan dengan travel voucher
  3. Travel voucher hanya dapat digunakan untuk pembelian tiket Garuda Indonesia selanjutnya
  4. Travel voucher berlaku hingga 30 Juni 2021 dan hanya untuk penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia (kecuali rute Timur Tengah dan penerbangan interline).
  5. Untuk permintaan refund tiket dapat dilakukan pada tempat pembelian tiket awal (contoh: apabila pembelian tiket di Travel Agent, maka refund dilakukan oleh Travel Agent tersebut). Refund dilakukan dalam bentuk travel voucher yang dapat Anda gunakan untuk periode penerbangan hingga 30 Juni 2021 melalui kantor penjualan Garuda Indonesia.
  6. Nominal sisa dari travel voucher tidak dapat diuangkan
  7. Travel voucher tidak dapat diganti ke metode pembayaran lainnya
  8. Untuk proses refund dapat mengirimkan e-mail ke e-booking@garuda-indonesia.com

2. AirAsia

Berdasarkan situs resmi AirAsia, kebijakan fleksibilitas dapat dilakukan bagi seluruh pelanggan yang telah memesan tiket pada 17 April 2020 atau sebelumnya dengan tanggal keberangkatan 23 Maret 2020 hingga 30 Juni 2020.

Pelanggan yang memenuhi persyaratan tersebut dapat memilih kompensasi yang fleksibel melalui aplikasi AirAsia Virtual Allstar (AVA) untuk melakukan pengubahan jadwal, atau menukar nilai tiket penerbangan menjadi akun kredit.

Adapun untuk pengubahan jadwal penerbangan tanpa dikenakan biaya tambahan berlaku periode perjalanan sebelum 31 Oktober 2020 di rute yang sama dan tidak terbatas, tergantung ketersediaan kursi.

Sementara pelanggan yang memilih tukar nilai tiket penerbangan ke akun kredit, berlaku selama 365 hari untuk pembelian tiket berikutnya.

Informasi pengajuan kompensasi tersebut hanya berlaku untuk pelanggan yang melakukan pemesanan melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia.

Bagi pelanggan yang memesan melalui group desk atau melalui agen perjalanan, dapat menghubungi agen pemesanan masing-masing untuk info lebih lanjut.

Adapun pengajuan kompensasi bisa dilakukan melalui AVA di bawah kategori berikut:

AirAsia membatalkan penerbangan, maka syaratnya:

Jika penerbangan dibatalkan oleh AirAsia, penumpang akan menerima e-mail atau SMS sesuai alamat kontak yang didaftarkan.

Silakan merujuk ke e-mail yang didapatkan untuk mendapat informasi terkait layanan kompensasi tersedia.

Caranya mengajukan kompensasi:

  1. Pilih menu "Covid-19" di menu utama AVA
  2. Pilih "AirAsia membatalkan penerbangan saya"
  3. Pilih salah satu opsi "Akun kredit" atau "Pindah Penerbangan"
  4. Lanjutkan tahapan berikutnya sesuai arahan AVA

Pembatalan atau pengubahan jadwal tiket berdasarkan keinginan sendiri, maka syaratnya:

Pemesanan tiket yang dilakukan pada atau sebelum 17 April 2020, dengan jadwal keberangkatan antara tanggal 23 Maret 2020 hingga 30 Juni 2020.

Cara mengajukan kompensasi:

  1. Pilih menu "Covid-19" di menu utama AVA
  2. Pilih "Saya ingin mengubah atau membatalkan penerbangan saya"
  3. Pilih salah satu opsi "Akun Kredit" atau "Pindah Penerbangan"
  4. Lanjutkan tahapan berikutnya sesuai arahan AVA.

Hal yang perlu diketahui terkait pengajuan kompensasi:

  1. Sebelum mengajukan kompensasi melalui AVA, pastikan bahwa alamat email digunakan sesuai dengan email yang Anda gunakan saat melakukan pemesanan tiket
  2. Pengisian detail penumpang berupa nama depan dan nama belakang dilakukan sesuai dengan ketentuan.
  3. Jika Anda ingin mengubah jadwal penerbangan, pastikan jadwal penerbangan baru yang dipilih tersedia pada tanggal yang dipilih.
  4. Setelah berhasil mengajukan kompensasi, Anda akan mendapat nomor kasus di akhir percakapan dengan AVA yang juga akan dikirimkan ke email.
  5. Anda bisa mengecek status pengajuan menggunakan fitur "Kasus Saya" yang tersedia saat masuk ke akun BIG Member.
  6. Sekadar informasi, dikarenakan banyaknya pengajuan kompensasi saat ini, maka prosesnya dapat berlangsung sekitar 30 hari kerja untuk sampai ke rekening bank Anda
  7. Jika status pengajuan kompensasi ditolak, artinya Anda tidak memenuhi persyaratan yang berlaku.

 

3. Citilink

Maskapai penerbangan Citilink menghentikan sementara penerbangan reguler dan carter penumpang untuk rute domestik mulai Jumat (24/4/2020) pukul 10.00 WIB hingga 31 Mei 2020.

Hal ini dalam rangka mendukung pemerintah untuk melarang mudik 2020. Berdasarkan rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/4/2020), pemberhentian ini dilakukan atas hasil koordinasi intensif bersama stakeholders setempat.

Hal tersebut juga mempertimbangkan pergerakan rotasi pesawat agar proses pemberhentian penerbangan ini dapat berjalan kondusif.

Citilink juga akan memprioritaskan penanganan bagi penumpang yang terdampak dengan memberikan kebijakan refund maupun reschedule sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Bagi penumpang yang membeli tiket melalui agen perjalanan dapat segera menghubungi agen perjalanan terkait.

Sementara untuk pembelian melalui website Citilink dapat menghubungi call center di 0804 1 080808 untuk pengajuan reschedule atau email di refund@citilink.co.id untuk pengajuan refund.

"Pemberhentian sementara ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh maskapai terhadap upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19," kata Direktur Utama Citilink Juliandra di Cengkareng, Jumat (24/4/2020), melalui rilis.

Kendati demikian, Citilink masih beroperasi untuk melaksanakan pengangkutan logistik melalui kargo yang dilaksanakan sesuai ketentuan berlaku.

Maskapai penerbangan Lion Air juga menerapkan kebijakan refund untuk Tiket Mudik 2020 dengan cara melakukan refund voucher tiket.

Dihubungi Kompas.com, Minggu (26/4/2020), Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya memfasilitasi kebijakan refund dan reschedule tiket pesawat sesuai dengan aturan yang berlaku pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020.

"Kami mencermati dan mengikuti sesuai aturan yang berlaku," kata Danang melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Minggu.

Dengan ini, maskapai penerbangan Lion Air juga menerapkan kebijakan refund yang disarankan oleh Kementerian Perhubungan yaitu melalui refund voucher tiket 100 persen setara dengan harga tiket.

Sementara untuk penjadwalan ulang atau perubahan jadwal tiket, Lion Air menghapuskan biaya penjadwalan ulang penerbangan hingga 31 Oktober 2020.


5. NAM Air

Maskapai penerbangan NAM Air dalam situs resminya menerangkan bahwa penumpang bisa mengubah jadwal, rute, ataupun membatalkan tiket.

Untuk kebijakan refund tiket akan dikembalikan berbentuk e-voucher kepada penumpang jika membeli tiket sebelumnya di kanal penjualan NAM Air.

E-voucher dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tiket dan pembelian produk ancillary NAM Air. Masa berlaku e-voucher adalah satu tahun dari tanggal dikeluarkan.

Bila penumpang ingin mengubah jadwal baik maju atau mundur dari tanggal tidak akan dikenakan biaya.

Setiap penumpang yang boleh mengatur ulang jadwal keberangkatan sampai satu tahun dari tanggal keberangkatan di tiket, tidak perlu membayar biaya rebooking dan biaya pembatalan.

Jika di tanggal baru tidak tersedia kelas yang sama, penumpang hanya perlu membayar selisih tarif dari kelas yang tersedia di tanggal yang baru.

Sementara itu untuk perubahan rute, penumpang diperbolehkan mengubah rute tiket dan perubahan rute memperhitungkan selisih nilai tiket lama dengan tiket baru.

Selain itu perubahan rute tidak mengembalikan nilai tiket lama jika terdapat kelebihan.

Kebijakan refund:

  • Bagi penumpang yang ingin membatalkan tiket, gratis untuk pembatalan di atas 4 jam sebelum keberangkatan.
  • Akan dikenakan charge 90 persen untuk pembatalan kurang dari 4 jam. Pembatalan di periode Peak Season dikenakan potongan 25 persen hingga 90 persen dengan waktu-waktu tertentu

Untuk penumpang yang ingin menguangkan tiket, refund tiket atas permintaan penumpang secara voluntary dikenakan biaya potongan sesuai dengan PM Nomor 185 Tahun 2015 dengan rincian sebagai berikut:

  1. 25 persen untuk pembatalan lebih dari 72 jam sebelum penerbangan
  2. 60 persen, untuk pembatalan 24 jam s/d 72 jam sebelum penerbangan
  3. 80 persen, untuk pembatalan 4 jam s/d 24 jam sebelum penerbangan
  4. 90 persen, untuk pembatalan kurang dari 4 jam sebelum penerbangan

Jika kamu memiliki jadwal keberangkatan antara tanggal 24 April hingga 31 Mei 2020 maka tidak dikenakan pemotongan biaya dan pengembalian uang tiket yang diterima adalah 100 persen.

Jika penumpang memiliki tiket yang issued dari Travel Agent atau Corporate Account bisa segera menghubungi agen atau corporate tersebut.

Kompas.com telah berusaha menghubungi pihak Sriwijaya Air dalam hal menanyakan kebijakan refund yang berlaku untuk masa mudik 2020. Namun, pihak Sriwijaya Air hingga kini belum dapat memberi respons kepada kami.

Jika dilihat dari situs resminya Sriwijaya Air , pihak maskapai memberikan informasi terbaru 27 Maret 2020 tentang kebijakan refund, dan reschedule tiket.

Terkait refund, Sriwijaya Air menerapkan juga pengembalian uang tiket atau refund dengan cara menerbitkan e-voucher. Hal ini dapat dilakukan penumpang jika membeli tiket sebelumnya di kanal penjualan langsung Sriwijaya.

E-voucher dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tiket dan pembelian produk ancillary Sriwijaya Air. Jika penumpang memiliki tiket yang issued dari Travel Agent atau Corporate Account bisa menghubungi agent atau corporate tersebut.

Berdasarkan PM Nomor 185 Tahun 2015 sebelumnya, Sriwijaya menerapkan refund tiket atas permintaan penumpang secara voluntary akan dikenakan biaya potongan sebagai berikut:

  1. 25 persen untuk pembatalan lebih dari 72 jam
  2. 60 persen untuk pembatalan 24 jam sampai dengan 72 jam
  3. 80 persen untuk pembatalan 4 jam sampai dengan 24 jam
  4. 90 persen untuk pembatalan kurang dari 4 jam

Ketentuan ini berlaku per tanggal 27 Maret 2020.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/10/123600027/mudik-tetap-dilarang-ini-cara-refund-tiket-pesawat-pada-6-maskapai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke