Salin Artikel

Variasi Katsu, Ini Resep Chicken Katsu Teriyaki Sauce

Chicken Katsu merupakan hidangan khas Jepang berupa daging ayam yang dibalur tepung dan digoreng.

Chef Dena Lesmana, Executive Chef Mason Pine Hotel Bandung membagikan resep dan cara pembuatan menu chicken katsu dengan tiga macam saus dalam sesi Live Instagram sesi #MasakdiRumahAja yang disiarkan di Instagram Kompas.com Travel di @kompas.travel, Kamis (7/5/2020).

Berikut ini adalah bahan resep dan cara pembuatan chicken katsu dengan saus teriyaki.

Bahan chicken katsu saus teriyaki

  • 150 gram dada ayam filet
  • 100 gram tepung roti
  • 100 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 30 gram selada
  • 20 gram tomat
  • 30 gram kol
  • 1 sendok makan mayonaise
  • 1 liter minyak sayur

Bahan saus teriyaki

  • 150 ml shoyu
  • 150 ml air
  • 1 sendok teh hondashi
  • 150 gram gula
  • 2 siung bawang putih
  • 15 gram jahe
  • Setengah bagian tulang ayam
  • Tepung maizena jika diperlukan

Cara pembuatan chicken katsu saus teriyaki

Pertama, kamu harus menyiapkan chicken katsu terlebih dahulu. Bagi dua dada ayam filet dengan cara membelah bagian tengahnya sehingga dada ayam jadi lebih tipis.

“Belah dua biar tipis dan cepat matang. Biar enggak terlalu tebal,” tutur Chef Dena dalam sesi Live Instagram.

Selanjutnya siapkan lapisan untuk dada ayam tersebut. Tuangkan tepung terigu, telur, dan tepung roti ke dalam piring yang agak melebar agar mempermudah proses pelapisan dada ayam. Jangan lupa untuk mengocok lepas telur.

Kemudian balur dada ayam yang sudah dibelah tersebut dengan bumbu berupa garam dan lada secara merata.

Lalu masukkan ayam ke dalam tepung terigu, lapisi dengan merata. Selanjutnya masukkan dada ayam ke dalam telur, lapisi dengan merata.

Kemudian masukkan ke dalam tepung roti. Tekan-tekan dada ayam agar tepung menempel sempurna.

Setelah itu, simpan dada ayam yang sudah dilapisi tepung ke dalam wadah tertutup. Selanjutnya masukkan ke dalam lemari es sementara kamu mulai membuat sausnya.

Gunanya menyimpan dada ayam di dalam lemari es adalah untuk memastikan ayam tetap segar dan tepung semakin menempel, sehingga tidak mudah lepas ketika digoreng nanti.

Untuk membuat sausnya, pertama masukkan semua bahan saus ke dalam panci. Ada shoyu, jahe, bawang putih, gula, dan hondashi.

“Hondashi ini adalah bumbu khas Jepang. Rasanya itu seperti ikan karena memang diambil dari serbuk-serbuk ikan. Ini di supermarket yang biasa jual makanan Jepang pasti ada,” jelas Chef Dena.

Untuk bawang putih dan jahenya, Chef Dena mengaku lebih suka memanggang keduanya lebih dulu di atas api. Ia memanggang bawang putih dan jahe tersebut sampai punya warna yang agak kecoklatan.

Kamu juga bisa melakukannya, bawang putih yang sudah digeprek lebih dahulu kemudian dipanggang bersamaa dengan jahe. Biarkan beberapa saat hingga warna bawang putih dan jahe ada sedikit rona kecoklatan.

Jika bawang putih dan jahe sudah kecoklatan, angkat dan sisihkan lebih dulu. Lalu panaskan panci, masukkan semua bahan untuk pembuatan saus teriyaki ke dalamnya kecuali tepung maizena.

Panaskan panci dan aduk terus hingga mendidih dan gula mencair. Gula ini digunakan sebagai pengganti bahan mirin yang biasanya digunakan untuk saus teriyaki.

Jika sudah mendidih, kecilkan api dan panaskan panci menggunakan api kecil selama sekitar 10 menit.

Selama memanaskan saus, kamu bisa sambil menggoreng chicken katsu yang tadi sudah kamu simpan di dalam chiller.

Panaskan minyak di dalam penggorengan yang agak besar. Tuang minyak sayur agak banyak agar chicken katsu bisa terendam saat digoreng nanti.

Goreng chicken katsu hingga warnanya coklat keemasan dan matang. Chef Dena mengatakan bahwa proses penggorengan chicken katsu akan memakan waktu sekitar 12 menit.

“Menggoreng chicken katsu harus pintar mengontrol api. Takutnya nanti di luar warnanya hitam tapi di dalamnya mentah. Makanya tadi dipotong tipis lagi dada ayamnya supaya cepat matang. Kita pakai medium heat,” papar Chef Dena.

Jika kamu tak punya penggorengan yang besar dan bisa merendam chicken katsu, bisa juga menggunakan penggorengan biasa.

Sedikit tips dari Chef Dena, kamu juga bisa menggunakan paha ayam filet sebagai pengganti dada ayam jika menginginkan chicken katsu yang lebih empuk.

Namun tantangannya, katsu akan lebih tebal dan sedikit lama serta rumit proses menggorengnya.

Minyaknya hanya perlu sekitar 50 persen dari tinggi chicken katsu. Saat menggoreng ayam, minyak disiram-siram ke atas chicken katsu agar matangnya merata.

Jika chicken katsu dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian potong-potong ayam sesuai selera dan tata di atas piring.

Untuk sausnya, jika dirasa kurang kental dan kamu ingin mengentalkannya lagi dengan memasukkan larutan tepung maizena.

Larutkan 1 sendok teh tepung maizena dengan 3 sendok makan air. Lalu tuangkan ke dalam saus teriyaki dan aduk rata.

Jika sudah, tuangkan saus teriyaki ke atas chicken katsu dan sajikan. Jika mau, kamu juga bisa menambahkan nasi sebagai tambahan.

Chef Dena juga menyajikan chicken katsu saus teriyaki ini dengan salad coleslaw yang sederhana. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu merajang kol dan wortel.

Kemudian masukkan ke dalam mangkuk dan berikan satu sendok makan mayonaise bersama dengan garam dan lada. Salad ini akan jadi salad pendamping yang nikmat dan segar di saus teriyaki.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/10/162432827/variasi-katsu-ini-resep-chicken-katsu-teriyaki-sauce

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.