Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Tak Sulit Membuat Kari Ayam Khas India, Ini Resepnya

Executive Chef Hamdan dari Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta menghadirkan demo masak Kari Ayam khas India di sesi #MasakdiRumahAja pada Live Instagram Kompas Travel @kompas.travel pada Jumat, 8 Mei 2020 pukul 15.30 WIB.

"Caranya sederhana, pertama harus mengumpulkan bahan dari kari ayam khas India yaitu, jahe, bawang merah, bumbu kunyit, jinten, lada putih, garam dan masih banyak lagi," jelasnya dalam sesi #MasakdiRumahAja pada Live Instagram Kompas Travel @kompas.travel, Jumat, 8 Mei 2020 pukul 15.30 WIB.

Kalau kamu ketinggalan sesi ini jangan panik, berikut resep dan cara membuat Kari Ayam khas India:

Bahan Kari Ayam khas India
1 kg dada ayam yang sudah dipotong dadu
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jinten bubuk
1 sdt kunyit bubuk
5 butir cengkeh
5 butir kapulaga
6 cm kayu manis
1 buah bombay cincang
7 siung bawang merah
1buah jahe cincang
3 sdt saus Madras Kari
1 sdt garam
1/2 sdt lada putih
1 buah kentang rebus dipotong dadu
600cc air kardu
100cc santan kelapa

Cara membuat Kari Ayam khas India

Langkah pertama adalah menumis irisan bawang merah. Untuk apinya, gunakan api sedang dan jangan terlalu besar. Setelah bawang merah wangi, kamu bisa memasukkan bawang bombai.

Sebelum beranjak ke langkah selanjutnya, pastikan bawang bombai dan bawang merah mengeluarkan aroma yang wangi terlebih dahulu. Setelah itu lanjutkan dengan memasukkan jahe, tumis kembali hingga harum.

Lalu baru masukkan rempahnya, yaitu bubuk ketumbar, bubuk kunyit, kayu manis, butir cengkeh, butir kapulaga, jinten bubuk.

Kemudian lanjutkan dengan menambah air kaldu secukupnya agar tidak terlalu kering saat ditumis. Jika sudah harum kamu bisa menambahkan Madras Karinya.

"Madras Kari itu sebenarnya saus yang terdiri dari rempah dan bumbu khas India, udah ada ketumbar, udah ada jinten ada kunyit dan lain-lain, jadi bumbu-bumbu khas India itu juga ada di saus Madras Kari," jelas Hamdan.

Lalu jika semua bahan sudah masuk kamu bisa mengecilkan apinya, setelah itu baru memasukan potongan dada ayam. Dada ayam bisa diganti dengan potongan ayam lainnya seperti sayap dan paha.

Hamban mengatakan jika ingin rasa kari ayam lebih otentik bisa menggunakan potongan sayap ayam. Masyarakat India, lanjutnya, gemar memasukkan potongan ayam yang memiliki banyak tulang, seperti sayap, dalam kari.

Kamu juga bisa mengganti potongan ayam dengan daging sapi. Daging sapi has dalam dan has luar bisa digunakan sebagai bahan kari ini.

Setelah ayam dimasukkan lalu disusul dengan air kaldu 600 cc. Aduk hingga rata dan semua bumbu serta rempah telah tercampur. Selanjutnya jika sudah mulai tercampur rata masukkan kentang.

"Kita juga beri garam secukupnya dan lada putih," tambah Chef Hamdan.

Kari ayam diaduk dan dimasak hingga air mendidih. Jika sudah, masukkan pengental. Untuk pengentalnya, bisa gunakan santan.

Saat santan dimasukkan, jangan lupa untuk terus mengaduknya agar tidak pecah. Aduk terus kari ayam selama 15 hingga 20 menit sampai air surut.

Santan bisa diganti dengan cream, yoghurt, bahkan jika secara tradisional bisa menggunakan daun bayam yang di-blender. Kamu juga bisa menambahkan rasa pedas dalam kari dengan menambahkan bubuk cabai atau irisan cabai rawit.

"Tips-nya, kalau mau pedas jangan masak cabai terlalu lama, masukkan cabai saat semua sudah dan hampir matang. Karena semakin lama cabai dimasak akan semakin pedas rasa karinya," paparnya.

Kari ayam khas India juga bisa dipadu padankan dengan sayuran. Chef Hamdan menyarankan sayuran yang bisa digunakan dalam hidangan kari adalah sayuran kacang arab, sayur brokoli, dan juga paprika.

Jika kari mulai mengental, kari ayam khas India pun siap disajikan. Di India, kari ayam disantap bersama roti prata. Namun kamu bisa menikmati kari ayam dengan nasi putih.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/10/172341427/tak-sulit-membuat-kari-ayam-khas-india-ini-resepnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+