Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 10 Tempat Wisata Durian, Petik dan Makan Sepuasnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata durian di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Jika kamu pecinta durian, berikut wisata durian di Indonesia.

Ada 10 tempat rekomendasi bagi kamu para pecinta King Of Fruits. Tempat-tempat ini menawarkan sensasi petik sendiri durian atau tempat untuk makan durian sepuasanya.

Kunjungi setelah masa karantina pandemi berakhir, ya. Selain itu, 10 tempat wisata durian  lainnya serta tips, sejarah, dan fakta menarik seputar durian, bisa dibaca di VIK: Pesta Durian Indonesia.

1. Agrowisata Bhakti Alam Farm, Pasuruan

Jika kamu berkunjung ke Gunung Bromo di Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Agrowisata Bhakti Alam Farm, Pasuruan.

Tempat wisata ini terletak di kawasan Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur ini. Kamu akan diajak menikmati durian sambil berwisata outbound.

Terdapat banyak jenis permainan outbound yang dapat kamu jajal bersama keluarga. Ada pula zona bermain air, berfoto di taman bunga, hingga memberi makan hewan.

Selain durian, ada banyak tanaman buah lainnya di agrowisata ini. Agrowisata Bhakti Alam Farm melayani pengunjung dari jam 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Harga tiket masuk pada hari biasa dipungut biaya Rp 50.000 untuk hari biasa dan Rp 55.000 untuk akhir pekan dan musim liburan.

Taman wisata ini berlokasi di ketinggian 400 - 550 mbpl di Jl. Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur.

2. Kampung Durian Desa Songgon, Banyuwangi

Kampung Durian Desa Songgong menjadi tempat liburan wisatawan yang ingin menikmati berbagai varian durian dari Banyuwangi. Mulai dari durian merah, durian orange, hingga durian pelangi.

Pengunjung dapat langsung memetik durian dengan berbagai macam varian. Total ada 75 macam lebih varian yang tersedia.

Terdapat kolam-kolam ikan yang menambah nikmat suasana menyantap durian.

Terdapat 400 pohon dalam Kampung Durian di Songgon, Banyuwanggi. Lokasinya terletak di Dusun Sembawur, Desa Songgon, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

3. Ucok Durian Medan

Belum lengkap liburan ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian Medan. Kedai durian satu ini memang amat terkenal.

Bahkan Presiden Joko Widodo pun menyempatkan waktu untuk singgah di Ucok Durian Medan saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, pada tahun 2017 lalu.

Kedai ini terletak di Jalan Wahid Hasyim No. 30-32, Medan. Pengunjung juga bisa membeli olahan durian yang siap dikemas untuk jadi buah tangan.

Ada durian kupas, pancake durian, daging durian, durian beku, buah durian utuh, dan es krim durian.

Kedai durian ini buka non-stop alias buka 24 jam. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 50.000 untuk 1 buah durian ukuran kecil, serta Rp 75.000 untuk 1 buah durian ukuran sedang.

Harga bervariasi tergantung berapa durian yang dimakan, bisa dari Rp 150.000 hingga Rp. 600.000. Untuk jenis durian yang ditawarkan adalah durian lokal, yaitu durian medan.

4. Desa Wisata Durian di Sangkanwagi, Lebak, Banten

Wilayah ini terkenal sebagai penghasil durian. Selain itu Sangkanwagi memiliki varietas durian yang unik, seperti durian otong, durian hepi, atau durian matahari.

Durian-durian ini dikenal dengan tekstur daging buahnya yang tebal dan rasanya yang manis.

Petani Kabupaten Lebak, Banten, mendirikan desa wisata durian untuk mendongkrak pendapatan ekonomi di daerah itu.

Terletak di Desa Sangkanwangi, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Koordinat total arealnya seluas 20 hektare dengan populasi sebanyak 2.000 pohon durian.

5. Desa Wisata Duren Sari Sawahan, Trenggalek

Pengunjung bisa memakan durian sambil berwisata di Desa Wisata Sawahan, Trenggalek. Desa Wisata Duren Sari Sawahan menyuguhkan paket lengkap wisata alam dan budaya.

Pengunjung bisa menikmati permainan tradisional, outbond, river tubing, dan kuliner. Bahkan, tersedia homestay untuk wisatawan.

Lokasinya kurang lebih 3 kilometer dari lokasi wisata kawasan pantai Prigi dan Pasir Putih. Tempat wisata ini memiliki konsep yang berbeda dengan tempat wisata alam lain yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Dengan menyusuri jalan setapak, wisatawan akan dimanjakan dengan suasana hutan yang rindang dan super segar.

Desa Wisata Duren Sari berlokasi di RT 11 RW 04 Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. 


6. Kebun Raya Bulo, Polewali Mandar

Kebun Raya Bulo yang berada di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Ini adalah kawasan asri yang pas untuk berpiknik.

Tidak hanya menikmati durian, pengunjung juga dapat mempelajari tata cara menanam dan merawat durian.

Daerah ini terkenal dengan kenikmatan rasa durian lokal. Di Kebun Raya Bulo, pengunjung juga dapat melihat proses pengembangan durian jenis lainnya, salah satu Durian Montong.

Pengunjung diajak merasakan sensasi memetik buah durian langsung dari pohonnya.

Satu buah durian lokal dibandrol seharga Rp 10.000 - Rp 15.000 per buah. Sementara durian montong, dijual seharga Rp 50.000 - Rp 100.000 per buah. Durian montong juga dijual seharga Rp 20.000 - Rp 25.000 per kilogram.

Berlokasi di Bukit Merdeka, Bulo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Kebun Raya Bulo dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat perdagangan Kabupaten Polewali Mandar di Kecamatan Wonomulyo.

7. Warso Farm, Bogor

Warso Farm mempunyai konsep petik dan makan durian langsung dari kebun durian. Melayani pengunjung dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

Udara yang sejuk dan banyak spot menarik menambah tinggi daya pikat tempat wisata satu ini.

Terletak Jalan K. H. Halimi, di desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Bogor, tempat wisata ini mempunyai luas kebun 8 hektar. Terdiri dari hampir ribuan pohon durian yang tumbuh di area lahan kebun Warso ini.

Terdapat 900 jenis buah durian. Durian yang menjadi pilihan dan primadona para pengunjung ada 6 jenis durian yaitu, durian monthong, durian tembaga, durian si mas, durian sunan, durian petruk dan durian lay.

Wisata Bogor kebun durian Warso Farm ini tidak hanya menyediakan kebun buah durian, tetapi buah jenis lainnya yaitu, buah naga.

Jika pengunjung ingin membawa buah durian sebagai oleh-oleh atau langsung disantap di tempat, satu kilonya buah durian segar dijual degan harga Rp 35.000.

Rata-rata setiap buah durian memiliki berat antara 2 hingga 4 kilogram. Waktu berkunjung yang pas adalah sekitar bulan Desember hingga Mei. Pada bulan-bulan itulah, hampir setiap pohonnya dipenuhi buah yang matang.

8. Kebun Durian Watu Simbar, Semarang

Kebun durian ini berlokasi di Jalan MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Desa Pakintelan, Gunungpati, Semarang. Kebun Durian Watu Simbar menawarkan wisata edukasi dan tempat berburu durian.

Tempat wisata ini ditanami dengan 150 pohon durian. Semua durian yang ditawarkan adalah durian jenis lokal, antara lain jenis merica, sunan, gemblonh, bedelan, blawer, dan masih banyak lagi.

Harga yang dipatok per kilonya sebesar Rp 50.000 sampai Rp 55.000. Harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk hari biasa dan untuk akhir pekan dibandrol sebesar Rp 7.500. Kebun

Durian Watu Simbar buka dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

9. Meek Farm Kebun Durian, Banjarbaru

Kebun Durian ini berlokasi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Durian yang diunggulkan diberi nama durian Japan.

Nama ini muncul karena merupakan durian favorit orang-orang Jepang semasa penjajahan Jepang.

Untuk harga, dipatok dari angka Rp 35.000 per kilogram. Selain kebun durian, juga terdapat wahana bermain seperti kolam renang untuk anak.

Ada pula kereta api untuk berkeliling taman. Terdapat kebun alpukat, manggis, pete dan kelengkeng.

10. Wisata Durian Desa Bi’ih, Banjar

Di sini, kamu bisa menikmati durian langsung dari pohonnya. Begitu masak, duriannya langsung jatuh dan bisa dinikmati. Benar-benar lezat dan fresh.

Jenis durian lokalnya pun beragam. Ada durian Si Panyangat, Si Amas, Si Dodol, Si Penganten, dan Si Jupe. Semuanya merupakan varietas unggulan dan pastinya nikmat.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/10/194000327/catat-10-tempat-wisata-durian-petik-dan-makan-sepuasnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke