Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Menghangatkan Nasi Beku, Jangan Masukkan ke Rice Cooker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu memiliki nasi sisa yang dibekukan di frezeer atau chiller? Lalu bingung bagaimana cara tepat untuk menghangatkan kembali nasinya?

Tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat menghangatkan nasi beku supaya kualitasnya tetap terjaga.

Frederick D. Turambi, Executive Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta membagikan tips bagaimana cara menghangatkan nasi beku setelah disimpan di frezeer.

"Kalau nasi dari frezeer itu bisa dihangatkan dengan kukusan, jangan masukkan ke pemanas lagi seperti rice cooker, microwave," jelasnya saat dihubungi oleh Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Saat memanaskan nasi beku sebaiknya menggunakan kukusan, karena di sana ada tenaga  panas yang langsung menggunakan uap dari air mendidih.

Uap air pada kukusan dapat membantu proses pemanasan lebih efektif sehingga semua butiran nasi bisa panas merata.

Proses tersebut membantu nasi bisa panas secara maksimal. Berbeda cerita jika nasi beku yang dipanaskan dalam rice cooker.

"Kalau masukkin ke rice cooker proses panasnya akan berbeda, dia akan menggunakan tenaga listrik," jelas Frederick.

Suhu panas dari rice cooker kurang maksimal untuk membuat nasi panas kembali. Sehingga butiran nasi tidak bisa panas secara merata.

Kalau di rice cooker memanaskannya, juga bisa membuat kualitas nasi berkurang dan nasi tidak bisa bertahan lama.

Selain tidak bisa panas maksimal, nasi yang dipanaskan dalam rice cooker, memiliki potensi untuk cepat basi.

Pasalnya, uap dingin yang ada di nasi itu dengan uap panas dari rice cooker tidak sebanding, walaupun sudah dihangatkan.

Uap dingin akan menempel di bagian atas rice cooker dan dapat jatuh ke dalam nasi, sehingga air tersebut bisa menyebabkan nasi basi.

"Cara yang paling baik ketika ingin menjaga nasi tetap hangat di rice cooker adalah dengan memanaskan terlebih dahulu nasi dalam kukusan dan bisa dimasukkan ke rice cooker. Hasilnya akan lebih bagus dari pada langsung dipanaskan di rice cooker," papar Chef Frederick.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/11/131300427/cara-aman-menghangatkan-nasi-beku-jangan-masukkan-ke-rice-cooker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke