Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep dan Tips Membuat Nasi Bakar Cakalang, Mudah Dibuat di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com  - Ngidam nasi bakar? Tdak usah keluar rumah, kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan dan cara yang sangat sederhana.

Executive Sous Chef Harris Vertu Hotel Harmoni Jakarta, Dikdik Maulana, mengajarkan cara memasak Nasi Bakar Cakalang Sambal Kecombrang pada Live Cooking Instagram Kompas.com Travel sesi #MasakdiRumahAja, Rabu (13/5/2020)

"Bahan yang harus disiapkan pertama pastinya ikan cakalang, bisa dibeli di pasar tradisional, kecombrang, jahe, sereh dan lain-lain," jelas Dikdik.

Sajian ini juga mudah dibuat di rumah. Kamu perlu menyiapkan bahan-bahan untuk dimasak seperti panduan Dikdik berikut:

Bahan nasi gurih

  • Beras 200 gram
  • Bawang merah 10 gram
  • Bawang putih 10 gram
  • Serai 1 batang
  • Daun salam 1 lembar


Cara memasak nasi gurih

Langkah pertama cuci bersih beras dan tiriskan, lalu rendam beras kurang lebih 15 hingga 20 menit. Hal ini bertujuan agar tekstur nasi menjadi lebih pulen.

Setelah itu potong besar-besar bawang merah dan putih. Kemudian bersihkan serai, ambil bonggol dalamnya saja. Geprek serai dan cuci daun salam. Jika sudah panaskan minyak kurang lebih 50 mililiter

Lalu tumis bawang dan serai sampai aromanya keluar. Selanjutnya masukkan rendaman beras tanpa air, aduk rata, dan disusul memasukkan daun salam. Aduk sampai rata.

"Lalu tambahkan air kurang lebih 100 mili dan masukkan santan 100 mili aduk rata, lalu masak dengan api kecil kurang lebih 15 menit," papar Chef Dikdik. 

Sembari menunggu, kamu bisa menutup wajan nasi dengan pan lalu sesekali diaduk agar tidak kematangan di bagian dasar pan. 

Nasi gurih menjadi penentu nasi bakarmu enak atau tidak. Nasi juga berperan sebagai penyeimbang dari lauk yang ada di nasi bakar.

Dikdik juga memberi tips agar nasi gurih bisa memiliki tekstur dan aroma yang pas.

"Tekstur nasi tergantung beras yang digunakan. Kalau pakai beras pandan wangi itu kalah dengan air, artinya penggunaan air tidak sebanyak 3/4 beras," papar Dikdik.

Untuk penggunaan beras ramos atau jenis lain, bisa diukur dengan cara traditional menggunakan ruas telunjuk atau permukaan jari.

Dikdik menyarankan bisa juga dengan cara pengukuran pasti, yaitu takaran satu gelas beras dan dua gelas air.

Untuk langkah pertama fillet daging ikan cakalang, buang bagian daging pahit lalu goreng 3/4 matang. Kemudian suir ikan tidak terlalu kecil.

"Ikan disuir jangan terlalu kecil, karena kita akan mengolah lagi dan dicampurkan dengan sambal yang akan dibuat," papar Dikdik.

Setelah itu siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lalu blend kasar semua bahan.

Kemudian iris tipis kecombrang, serai, dan kupasan jahe. Kemudian petik daun kemangi tanpa batang.

Selanjutnya siapkan minyak panas dalam pan lalu tumis hasil blend kasar tadi hingga matang. Masukkan serai dan kecombrang kemudian masukkan suir ikan cakalang, aduk rata hingga matang.

"Seasoning dengan garam merica dan gula, terakhir tambahkan sedikit air dan masukkan daun kemangi aduk hingga rata," ujar Dikdik

Sambal yang dipakai untuk olahan ikan berperan sebagai lauk dan penambah rasa untuk Nasi Bakar Ikan Cakalang Sambal Kecombrang.

Ikan cakalang juga bisa diganti dengan jenis ikan yang memiliki daging yang padat seperti ikan tongkol bahkan suiran ayam.

Menyusun nasi bakar ikan cakalang sambal kecombrang

Siapkan daun pisang yang sudah dipanaskan di atas api agar daun pisang bisa lentur.

Setelah itu taruh nasi dan pipihkan dan beri ikan cakalang sambal kecombrang di atasnya. Lalu lipat nasi seperti lontong.

"Setelah itu bisa langsung dibakar, jika ingin nasinya matang merata lapisi nasi dengan aluminium foil, setelah itu dibakar bisa pakai teflon, atau bisa pakai panganggan sate," ujar Dikdik.

Setelah dimasak sekitar beberapa menit, buka dengan hati-hati karena alumunium foil sangat panas. Selanjutnya belah memanjang nasi bakarnya. Nasi bakar siap disajikan hangat-hangat bersama kerupuk.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/15/150300427/resep-dan-tips-membuat-nasi-bakar-cakalang-mudah-dibuat-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke