Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Membuat Daging Iga Sapi Empuk, Bakar Dulu Sebelum Dimasak

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah kamu merasa menyerah dan bingung bagaimana cara mengempukkan potongan daging di bagian iga sapi? Jika iya, jangan putus asa.

Executive Chef The Dharmawangsa Jakarta Felix Budisetiawan, mendemonstrasikan cara mengolah iga sapi melalui program #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel.

Pada program #MasakdiRumahAja Jumat (15/5/2020), Chef Felix memasak Asam-asam Iga Palembang serta Sambal Terong Pete dan Teri Goreng.

Jika kamu terlewat dan tidak sempat menonton, berikut tips dari chef Felix Budisetiawan agar iga sapi bisa empuk dan nikmat.

"Daging Iga adalah potongan daging yang sangt dekat dengan tulang sehingga seratnya lebih kenyal dibanding dengan potogan daging lain. Maka dari itu perlu penanganan khusus untuk mengolah iga," jelas Chef Felix Budisetiawan kepada Kompas.com, Sabtu (16/5/2020).

Cara mengempukkan daging iga sapi tergantung dengan kualitas daging. Bila kualitas daging rendah, cara membuat empuk dengan dimarinasi. Sementara jika kualitas daging bagus, cukup direbus dengan api kecil.

1. Rebus daging 3-4 jam

Kalau kamu akan mengolah daging iga menjadi iga bakar, lebih baik iga dikukus atau direbus dahulu. Daging iga yang kualitasnya bagus, bisa langsung dibumbui dan bisa langsung dibakar.

Namun hasilnya tidak akan sama bagus dengan iga yang sudah dimasak dulu, baik dikukus lalu dibumbui dan dibakar. 

Sebab iga adalah daging yang dekat dengan tulang. Daging yang dekat dengan tulang akan cenderung alot.

"Untuk mencegah agar tidak alot kita pakai trik yaitu merebus lebih lama. Dikukus dulu di masukkin ke oven dan lain sebaginya," papar Chef Felix.

Jika kamu ingin mengolah iga sapi menjadi olahan sup, rebus daging iga. Daging iga dapat cepat empuk jika direbus selama 3-4 jam dengan api kecil. Kalau dipresto bisa 1-2 jam.

Merebus dengan api kecil juga akan menjaga kualitas daging agar lebih bagus, jangan menggunakan api besar. 

"Kalau saya pakai jus nanas lalu dicampurkan dengan daging, tapi sayang nanasnya mending pakai sisa kulit nanasnya juga bisa," ujar Chef Felix.

Kamu bisa mengiris tipis kulit nanas lalu dibaurkan dengan daging iga dan diamkan selama 30-45 menit.

Selain kulit nanas, kamu juga bisa membaurkan daging iga dengan bubuk daun pepaya. Proses marinasinya jangan lebih dari satu jam karena dagingnya bisa hancur.

3. Dibakar terlebih dahulu

Sebelum dimasak, daging iga sapi juga bisa dibakar terlebih dahulu.

Bila dibakar, maka daging bagian luar akan langsung menyusut dan bisa menahan sari dalam daging. Sehingga saat disantap, sari daging keluar lebih banyak alias terasa juicy.

Selain itu, aroma daging iga akan lebih keluar bila dibakar lebih dahulu. Setelah dibakar bisa langsung diolah seperti direbus agar lebih empuk.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/17/160600927/3-cara-membuat-daging-iga-sapi-empuk-bakar-dulu-sebelum-dimasak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke